Ini Cara Pelayanan Drive Thru Perpanjangan SIM di Satlantas Polres Jombang

oleh -
Uji Coba Drive Thru pemohon perpanjangan masa berlaku Surat Ijin Mengemudi (Nurul HidayatKabarjatim)
Uji Coba Drive Thru pemohon perpanjangan masa berlaku Surat Ijin Mengemudi (Nurul HidayatKabarjatim)

JOMBANG-Satuan Lalu Lintas Polres Jombang mulai menerapkan pelanyanan tanpa turun dari kendaraan atau Drive Thru bagi pemohon perpanjangan masa berlaku Surat Ijin Mengemudi.

Kapolres Jombang, AKBP Fadli Widiyanto dalam paparannya menjelaskan bahwa pelayanan tersebut dapat menghemat waktu bagi pemohon sim.

“Pelayanan ini hanya membutuhkan waktu tidak sampai sepuluh menit dan sudah bisa dinikmati hasilnya,” Ujarnya saat peresmian dihadapan Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan serta Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Diah Natalisa. Rabu 9 Januari 2019.

Mekanismenya yakni, pemohon perpanjangan masa berlaku SIM dapat langsung melakukan perpanjangan dengan menuju loket pemdaftaran dengan mengendarai kendaraannya serta membawa syarat dan ketentuan yang sudah ditentukan.

“Fotocopy E-KTP, Fotokopi Surat izin mengemudi yang akan diperpanjang masa berlakunya. Serta membawa surat keterangan kesehatan, merupakan syarat dan ketentuannya,”Imbuhnya.

Setelah semua persayaratan terpenuhi, Para pemohon menuju di loket pendaftaran kemudian dilanjutkan dengan pengambilan foto di loket yang sudah ditentukan tanpa harus turun dari sepeda Motor.

“Setelah semua proses dilalui, dan melakukan pembayaran sesuai dengan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP, red), maka para pemohon dapat langsung mengambil Surat izin mengemudi di loket Yang ditukar,”tandasnya.

Masih menurut Fadli, guna mempermudah alur bagi para pemohon perpanjangan masa berlaku SIM maka dibuatlah rute atau alur dengan menggunakan cat berbeda serta papan penunjuk arah bagi para pemohon perpanjangan masa berlaku SIM. @VIN