Honor KPPS Pemilu 2019 di Sumenep Ternyata Hanya Segini

oleh -

SUMENEP-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, telah selesai membuka rekrutmen Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Pemilu 2019 per hari ini, Selasa (12/3/2019).

Pemilu 2019 ini juga banyak perbedaan dibandingkan dengan Pemilihan Gubernur 2018 lalu. Untuk tempat pemungutan suara (TPS) saja saat ini mencapai 4.315 TPS.

Sedangkan untuk panitia per TPS, nantinya akan dibutuhkan 7 orang atau 30.205 anggota KPPS se Kabupaten Sumenep.

“Bagi yang berminat mendaftar bisa langsung mendatangi PPS yang ada di semua desa,” kata Ketua KPU Sumenep, Abdul Warits.

Menurutnya, Pemilu kali ini berbeda dengan Pemilu 2014 lalu, karena selain akan memilih Anggota DPRD Kabupaten, DPRD Provinsi, DPR RI dan DPD, juga akan dilakukan pemilihan Presiden dan Wakil Presdien.

Sementara honor KPPS tidak jauh berbeda dengan honor yang diterima pada Pemilu lima tahun lalu. “Ya sekitar Rp500 ribu per orang,” jelasnya.

Besaran honor KPPS itu, lanjut Warits, disesuaikan dengan Surat Menteri Keuangan (Menkeu) Nomor S-118/MK.02/2016 tentang Penetapan Standar Biaya Honorarium Tahapan Pemilu Anggota DPR, DPD, DPRD, Presiden, dan Wakil Presiden, serta Tahapan Pemilihan Umum Gubernur, Bupati, Wali Kota Serentak. “Jadi, untuk besaran honor itu sudah diatur, kami hanya menjalankan saja,” tandasnya.