Hitung Cepat KPU, Khofifah-Emil Ungguli Gus Ipul-Puti

oleh -

SURABAYA – Pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak berhasil mengungguli Saifullah Yusuf-Puti Guntur dalam perhelatan Pilgub Jatim 2018, berdasarkan penghitungan cepat KPU Jatim.

Torehan ini sejatinya tidak jauh berbeda dengan quick count dari sejumlah lembaga survei untuk Khofifah-Emil 53,68 persen, sedangkan Gus Ipul-Puti 46,32 persen. Hingga Kamis siang ini data yang masuk masih sekitar 68 persen.

“Selain rekapitulasi manual, kami juga menerapkan penghitungan cepat yang bernama sistem informasi penghitungan atau situng yang bisa diakses secara online,” ujar Komisioner KPU Jatim Muhammad Arbayanto, Kamis (28/6/2018).

Dia menjelaskan, penghitungan situng KPU sendiri berdasarkan scan Formulir C dan C1. Hingga siang ini sudah 68 persen data scan C dan C1 yang masuk dari sekitar 44 ribu TPS pada seluruh Jatim.

Berdasarkan hasil situng sementara paslon Khofifah-Emil unggul dibandingkan Gus Ipul-Emil. Namun pihaknya tetap berpatokan pada hasil rekapitulasi penghitungan suara secara manual, yang saat ini masih proses rekapitulisasi di tingkat Kecamatan sampai 3 Juli nanti.

Sedangkan untuk tingkat Kabupaten/Kota rekapitulasinya mulai 4 Juli sampai 6 Juli 2018. Kemudian disusul proses rekapitulasi tingkat Provinsi, yang dimulai pada 7 Juli sampai 9 Juli 2018 mendatang.

“Proses rekapitulasi berjenjang ini mungkin ada perbaikan di formulir C atau C1, artinya bisa saja ada salah hitung atau salah tulis. Berdasarkan pengalaman, presisi kesalahan tidak sampai satu persen,” tukasnya.

Sementara itu, meski dinyatakan unggul ketimbang rivalnya, Emil Dardak meminta para pendukungnya tidak terlalu bersuka cita. “Kita harus mensyukuri tahapan yang dicapai dalam penghitungan cepat ini. Terima kasih kepada seluruh lapisan masyarakat yang dengan antusiasnya untuk berpartisipasi mengawal hingga hari-hari terakhir ini,” ujar Emil saat dihubungi.

Ia menambahkan tetap akan berdoa kepada Allah guna hasil yang terbaik. “Saya mohon doa kepada semua pihak terutama teman – teman di Trenggalek,” ulasnya.

Pihaknya meminta kepada tim dan relawan, untuk terus mengawal hasil kemenangan Pilgub ini hingga hasil resmi dari KPU keluar.

Editor: Ahmad Saefullah