Heboh Seantero Kerajaan, Abu Nawas Mau Terbang

oleh -
Foto google
Foto google

Bukan Abu Nawas jika tidak membuat sensasi.  Dalam sebuah cerita, Raja Harun Al Rasyid beberapa kali harus mengakui kecerdikkan dan kembuletan Abu Nawas ini. 

Kali ini Abu Nawas membuat sensasi yang menghebohkan seantero kerajaan. Dia menyatakan diri bahwa mau terbang. Kontan saja, berita itu tersebar dari mulut ke mulut bahwa Abu Nawas mau terbang pada hari yang telah ditentukan. 

Semua penduduk kerajaan tidak percaya. Karena, Abu Nawas adalah manusia biasa yang tidak mungkin bisa terbang seperti burung. Burung memang bisa terbang karena memiliki sayap. 

Abu Nawas pun membuat pengumuman bahwa dia mau terbang di alun alun kerajaan. Meski, warga kerajaan tidak ada yang percaya, namun pada hari H yang ditentukan meraka berkumpul di alon alon kerajaan untuk melihat Abu Nawas. 

Nah, pada hari yang telah ditentukan, warga kerajaan berkumpul di alon-alon. Abu Nawas telah berada di lokasi sejak pagi. Semakin siang warga kerajaan pun semakin memadati alon alon karena pengumuman Abu Nawas itu. 

Abu Nawas terlihat berdiri di panggung yang telah disiapkan sebelumnya. Hari semakin siang dan Abu Nawas hanya terlihat berdiri di atas panggung. Tanpa melakukan gerakkan apa-apa. 

Tak sabar dengan kelakuan Abu Nawas, warga kerajaan pun berteriak-teriak. “Abu Nawas, Kapan anda terbang,” kata salah satu warga di Alon alon tersebut. 

“Lha ini saya mau terbang,” jawab Abu Nawas dengan santai. “Terus, kapan terbangnya,” timpal pengunjung yang lain.

“Lha kamu apa ndak lihat penguman. Bahwa saya mengumumkan saksikan Abu Nawas mau terbang. Khan ini sudah mau terbang. Ini khan baru Mau, kalau ya bukan berarti terbang. Dan saya memang tidak bisa terbang, khan pengumumannya Mau Terbang,” jelas Abu Nawas. 

Sponta warga kerajaan merasa terkecoh dengan permainan kata-kata Abu Nawas. Mereka pun bubar dengan menggerutu. Anekdot ini didapat dari KH Bahaudin Nursalim (Gus Baha) yang diceritakan dalam sebuah majelis. 

VIN