Heboh Rombongan Buaya Menyusuri Sungai Bengawan Solo

oleh -

BOJONEGORO – Kemunculan buaya-buaya di sungai Bengawan Solo bikin heboh.

Kehadiran reptil ini terpantau sejak Kamis (15/11) sore di antara aliran sungai di Desa Kalisari dan Lebaksari Kecamatan Baureno, Bojonegoro dan Desa Jepuro, Kecamatan Widang, Tuban.

Tak hanya menyusuri sungai, buaya-buaya yang diperkirakan berjumlah 6 ekor tersebut beberapa di antaranya sempat menepi ke pinggir sungai. Warga yang melihat kemunculan buaya-buaya ini selanjutnya melaporkan kejadian tersebut ke perangkat desa dan diteruskan ke aparat serta instansi terkait.

Mendapat laporan adanya penampakan buaya, tim Badan Konservasi Sumber Daya Alam Wilayah II turun meninjau lokasi. Hasilnya, kabar tersebut benar adanya.

Kepala Badan Konservasi Sumber Daya Alam Wilayah II, Andik Sumarsono menuturkan, buaya yang masuk ke Sungai Bengawan Solo berjenis buaya muara atau buaya air asin yang habitatnya di pesisir laut. Diperkirakan buaya-buaya ini naik ke sungai untuk berburu makanan dan faktor perubahan cuaca.

Hanya saja, soal jumlah buaya yang masuk ke Sungai Bengawan Solo, Andik menyebut angka yang berbeda dengan informasi yang beredar di masyarakat. Menurut Andik, jumlahnya tidak sebanyak yang diberitakan. Dari pengamatan tim BKSDA, jumlah buaya yang terpantau sekitar empat ekor.