Heboh Jenazah Kyai Masih Utuh di Madura meski Sudah 3 Tahun Dikubur

oleh -

Sampang – Warga Desa Batuporo Barat, Sampang, Madura, heboh dengan adanya jenazah kyai masih utuh. Sang kyai, meninggal tiga tahun lalu akibat sakit.

Kejadian bermula dari hujan lebat yang mengakibatkan makam Kyai Ahmad Baidhowi yang meninggal 3 tahun lalu, ambles.

Para santri dan keluarga yang kebetulan sedang sholat jamaah dzuhur langsung mengecek ke makam begitu ibadah selesai. Pihak keluarga lantas mengutus santri untuk membersihkan makam. Betapa kagetnya mereka melihat jenazah dalam liang kubur masih utuh. Hanya kain kafannya saja yang terlihat sudah lusuh. Sontak peristiwa ini pun viral di sosial media.

Putra Kyai Ahmad Baidhowi, Sofyan Ahmad, kepada media menuturkan peristiwa tersebut terjadi pada Senin 23 November sekitar pukul 12.00 WIB.

“Para santri saat sholat jamaah melihat kuburan abah saya ambruk, langsung menantu cucu memberi tahu kepada saya kalau makam ambruk. Lalu saya berinisiatif untuk menggali karena tanah terlalu ke bawah. Setelah santri ke bawah ternyata jenazah masih utuh. Rambut masih utuh dan tidak berbau apa-apa. Kalau daging sudah dimakan ulat tentunya tulang sudah remuk, namun almarhum seperti semula posisinya, seperti baru dikubur,” ujarnya.

Makam Kiai Ahmad Baidhowi selanjutnya dibersihkan dan jenazah dikebumikan lagi. Semasa hidupnya almarhum dikenal sebagai sosok pengayom masyarakat. Kyai Baidhowi juga rajin bersilaturahim. Almarhum meninggal pada tahun 2017.