Hari Pelanggan PT. KAI Daop 8 Bagikan 800 Souvenir

oleh -

SURABAYA – Khusus di hari Pelanggan Nasional yang jatuh pada Rabu, 4 September 2019, PT KAI Daerah Operasi 8 Surabaya melakukan berbagai kegiatan dalam menyemarakan Hari Pelanggan Nasional 2019. Para petugas stasiun menyapa langsung penumpang KA dengan sapaan “Selamat Hari Pelanggan”, serta membagikan ratusan souvenir menarik kepada penumpang di Stasiun Surabaya Gubeng dan Surabaya Pasarturi, baik yang berada di stasiun maupun di atas kereta api yang sedang berhenti.

Tebar keceriaan para penumpang KA di Stasiun KA Surabaya Gubeng dan Stasiun Pasar Turi, ketika menerima secara gratis berbagai bingkisan souvenir yang dibagikan oleh para petugas PT KAI Daop 8 Surabaya.

Pembagian souvenir di dalam KA Mutiara Timur Siang (KA 87) relasi Surabaya Gubeng – Banyuwangi. Selain itu, pihak PT KAI Daop 8 Surabaya juga melakukan seremonial dengan memberikan salam penghormatan saat keberangkatan KA.

Manajer Humas Daop 8 Surabaya Suprapto, selama hari pelanggan memberikan keterangan, “Menyapa, memberi salam hormat serta membagikan suvenir kepada penumpang KA adalah sebagai bentuk apresiasi kami di Hari Pelanggan Nasional kepada pelanggan kereta api yang sudah setia menggunakan kereta api. Kami akan terus memberikan dan meningkatkan pelayanan terbaik kepada para pelanggan,” jelasnya.

Sebanyak 800 suvenir telah disiapkan KAI Daop 8 Surabaya untuk diberikan kepada penumpang KA dalam kegiatan Hari Pelanggan Nasional ini. Untuk terus mendengungkan Hari Pelanggan Nasional di area stasiun, seluruh petugas frontliner (petugas loket, customer service, kondektur) yang bertugas juga akan memberi salam “Selamat Hari Pelanggan,” setelah salam cuaca kepada penumpang KA dan pengujung stasiun.

Tercatat jumlah penumpang KA di wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya selama tahun 2018 berjumlah total 11.292.719 penumpang. Jumlah ini naik 9,5 % dibanding tahun 2017 dengan jumlah penumpang 10.315.954 orang.

Adapun rincian dari jumlah penumpang KA di tahun 2018 berdasarkan kelas keretanya diantaranya : 1). Kereta Eksekutif = 1.551.374 orang, 2). Kereta Bisnis = 523.044 orang, 3). Kereta Ekonomi = 3.359.959 orang, 4). Kereta Lokal Ekonomi = 5.858.342 orang.

Ditargetkan pada tahun 2019 ini, jumlah penumpang yang akan naik di wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya mencapai 11.863.839, atau naik 5,1 % dibandingkan dengan tahun 2018.

Untuk jumlah penumpang KA di wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya, pada periode 1 Januari 2019 s/d 31 Agustus 2019 sudah mencapai 8.145.683 penumpang atau 6,16% di atas dari program dalam kurun periode yang sama sebesar 7.672.742 penumpang.

“Diharapkan dengan semakin baiknya tingkat kenyamanan dan pelayanan di transportasi kereta api, ini bisa menjadi daya tarik bagi masyarakat untuk menggunakan transportasi kereta api sebagai mobilitas kesehariannya. Sehingga angka kemacetan jalan raya bisa dikurangi dengan cara membudayakan menggunakan transportasi massal seperti kereta api,” ujar Suprapto.

Hal tersebut bisa terlaksana bila mendapatkan dukungan dari semua stake holders di wilayah Jawa Timur ini, terutama dari pihak pemda dalam mewujudkan suatu transportasi yang saling terintegrasi antara modal transportasi yang ada. Sehingga transportasi darat, laut dan udara bisa saling bersinergi dalam melayani akan kebutuhan transportasi yang aman, cepat, nyaman dan murah bagi masyarakat pada umumnya, dan khususnya bagi warga Jawa Timur.