Hari Pahlawan di Pemkab Sampang Usung Spirit Kemanusiaan

oleh -
Upacara Hari Pahlawan Pemkab Sampang (foto : Junaidi/kabarjatim)

SAMPANG-Peringatan Hari Pahlawan yang jatuh pada 10 November lalu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang mengusung spirit kemanusiaan. Pesan yang disampaikan adalah sebagai warga negara Indonesia dapat mengabdikan sesuatu yang bermanfaat bagi kemaslahatan umat.

Kata Jhonatan, tema ini sesuai dengan fitrah yang ada pada diri manusia, sebab dalam jiwa manusia sudah tertanam nilai nilai kemanusiaan. Menurutnya, sebagai warga negara indonesia dapat mengabdikan sesuatu yang bermanfaat bagi kemaslahatan umat baik itu dilingkungan sekitar maupun bagi bangsa dan negara.

“Tema ini sesuai dengan fitrah pada setiap insan yang tertanam nilai-nilai kepahlawanan,” ucapnya.

Momentum hari pahlawan saat ini berbeda dengan pahlawan jaman dahulu yang menaruhkan jiwa dan raganya. Pahlawan saat ini perlu melahirkan ide dan gagasan yang mentransformasikan semangat kepahlawanan dengan lebih ulet dalam melaksanakan pembangunan, serta bertekad memerangi musuh saat ini seperti kemiskinan, narkotika, radikalisme, korupsi, dan hoax.

“Generasi penerus saat ini sekarang kan tidak berjuang seperti pejuang di tahun 45 dulu, jadi tugas generasi millineal ini adalah mengisi kemerdekaan yang telah berdiri, kita perlu pemuda yang luar biasa saat ini,” ujarnya.

Dalam peringatan hari Pahlawan beberapa waktu lalu, Pemkab Sampang juga menggelar upacara di Halaman Pemkab Sampang yang kemudian dilanjutkan dengan acara tabur bunga di Makam Pahlawan, Jalan Kusuma Bangsa. @VIN