Hari Natal, Pemuda Ansor Jombang Ziarah ke Makam Riyanto

oleh -

JOMBANG-Puluhan kader Gerakan Pemuda Ansor Jombang berziarah ke makam Riyanto di Kawasan Makam Umum Kelurahan Prajurit Kulon, Kota Mojokerto. Mereka mengenang aksi heroik seorang Riyanto anggota Banser yang gugur saat melakukan penyelamatan jemaat Gereja Even Haezer, Jalan Kartini no 4, Kota Mojokerto.

Jasad Riyanto hancur berkeping-keping lantaran membawa lari bom yang ditanamkan seseorang di gereja tersebut. “Saat itu, seakan Riyanto acuh pada keselamatan dirinya dan memikirkan keselamatan saudara-saudaranya yang saat itu sedang melakukan Misa di gereja tersebut. Sesampainya di luar, bom tersebut meledak dalam dekapan Riyanto. Sesampainya di luar bom itupun meledak dalam dekapannya tubuhnya pun hancur bersama ledakkan bom tersebut,” kata Ketua PAC GP Ansor Jombang Kota Muhammad Imdad saat ziarah ke makam Riyanto, Selasa (25/12/2018).

Imdad juga mengatakan, aksi heroik Riyanto ini dikenang oleh setiap warga. Namanya, dijadikan nama jalan. Selain dikenang oleh saudara seiman, aksi Riyanto ini juga dikenang oleh saudara berlainan iman. Kata Imdad, Riyanto telah gugur sebagai seorang muslim yang mampu merepresentasikan Islam Rahmatan lilalamin.

“Riyanto gugur sebagai pejuang kemanusiaan dan gugur sebagai anak bangsa dalam tugasnya membantu mengamankan hak stiap warganya untuk menjalankan ibadahnya,” jelas Bendahara PC GP Ansor Jombang ini.

Saat berziarah tersebut, Imdad mengamu bersaksi bahwa Riyanto telah menjalankan pesan seorang sahabat yang paling dicingai oleh Nabi Muhammad SAW, yakni Ali Bin Abi Tholib. “Pesannya adalah mereka yang bukan saudaramu dalam iman adalah saudaramu dlm kemanusiaan. Semoga amal ibadahmu diterima oleh Allah SWT,semoga limpahan rahmat dan maghfirohnya sllu tercurah untukmu wahai pahlawan toleransi dan kemanusiaan,” tambahnya.

Aksi ziarah ini, lanjut Imdad, merupakan agenda rutin GP Ansor. Momentumnya adalah setiap tanggal 25 Desember. Karena peristiwa aksi heroik Riyanto terjadi pada tanggal 24 Desember 2000 pada malam hari.