Harga Cabai Rawit di Jombang Hingga 80 Ribu per Kilo

oleh -
Hariyanto, Pedagang Sayur Di Pasar Pon Jombang (aan amrulloh/kabarjatim)
Hariyanto, Pedagang Sayur Di Pasar Pon Jombang (aan amrulloh/kabarjatim)

JOMBANG-Harga cabai rawit di Jombang dalam beberapa minggu terakhir terus melambung, saat ini mencapai hingga 80 ribu rupiah per kilogram. Hal tersebut berdasarkan pantauan dari dua pasar tradisional setempat, yakni Pasar Legi dan Pasar Pon Jombang, Rabu (17/07/2019).

Saat ini harga cabai rawit atau cabai kecil dengan kualitas bagus mencapai 80 ribu rupiah per kilogram. Padahal, dua minggu yang lalu harganya masih berkisar sekitar 60 ribu rupiah.

Salah satu pedagang sayur yang ada di pasar Pon Jombang, Hariyanto, mengatakan, kenaikan ini terjadi dalam kurun waktu dua hingga tiga pekan terakhir. Dimana sebelumnya harga cabai ini masih berada pada angka Rp. 20 hingga Rp. 30 ribu per kilogram.

“Harganya cabai rawit naik terus dalam beberapa minggu terakhir, yang paling nomor satu sekarang 80 ribu, yang nomor dua 65 ribu, padahal awal harganya paling mahal 30 ribu,” tuturnya.

Tak hanya cabai rawit, harga cabai merah besar juga ikut mengalami kenaikan, yang kini mencapai 60 ribu rupiah per kilogram. Dimana sebelumnya hanya seharga 20 ribu.

“Cabai merah besar ikut naik, cabai hijau kecil juga otomatis naik menjadi 50 ribu rupiah per kilogram, yang sebelumnya hanya 20 ribu,” terangnya.

Apa penyebab naiknya harga cabai, Hariyanto dan para pedagang lainnya mengaku tidak tahu. Namun menurut perkiraan mereka, para petani cabai mengalami gagal panen sehingga hasil panen berkurang dan mempengaruhi harga dan kualitas hasil produksi.

“Saya nggak tahu apa penyebabnya, mungkin petani gagal panen. Selama ini saya ambil pasokan dari Pasar Pare, Kediri,” tegasnya.

Akibat mahalnya harga cabai ini para pedagang terpaksa mengurangi pasokan cabainya. Sebab, para konsumen juga memilih mengurangi jumlah pembelian mereka dari biasanya.