Harga Ayam Potong Melambung di Pasar Kota Bojonegoro

oleh -
Harga Ayam Potong Melambung di Pasar Kota Bojonegoro (Foto : Arifin/Kabarjatim)
Harga Ayam Potong Melambung di Pasar Kota Bojonegoro (Foto : Arifin/Kabarjatim)
BOJONEGORO-Menjelang lebaran Idul Fitri, harga daging  ayam potong di pasar tradisional Kabupaten Bojonegoro terpantau mengalami kenaikan. Harga daging ayam yang sebelumnya Rp35.000/kilogram menjadi Rp40.000/kilogram.
“Harga mulai merangkak naik sejak tiga hari terakhir ini, lantaran permintaan dari konsumen mengalami peningkatan,” ujar Arifin, salah seorang pedagang ayam potong di Pasar Kota Bojonegoro, Selasa (12/6/2018).
Untuk harga ayam potong, para pedagang memprediksi akan terus mengalami lonjakan mendekati hari raya Idul Fitri 1439 H/2018. Dia mengaku mulai kesulitan memperoleh ayam potong dari peternak di Jawa Tengah, apalagi dari peternak lokal Bojonegoro ataupun Tuban.
“Selain Bojonegoro dan Tuban saya mencari ayam dari Jawa Tengah untuk mencukupi kebutuhan yang ada,” lanjutnya.
Selain mengalami kenaikan harga terhadap ayam potong. Kenaikan harga juga terjadi pada ayam kampung yang mencapai 80 ribu per ekornya di Pasar Tradisional Kecamatan Sugihwaras. Bahkan hal tersebut juga dibenarkan oleh kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Bojonegoro, Agus Hariyana.
“Kita kemarin melakukan sidak ke sana dan mendapat laporan dari pedagang bahwa ada kenaikan terhadap daging ayam kampung,” ujar Agus.
Menurut Agus, untuk harga daging yang mulai merangkak naik dirasa masih dalam batas wajar. Sehingga, Dinas Perdagangan tidak akan melakukan oprasi pasar lantaran malah bisa menambah buruk harga pangan di para penjual.
“Jika kenaikan harga masih dalam kewajaran kita tidak akan melakukan oprasi pasar. Sebab nanti percuma saja melakukan operasi pasar dan tidak ada efeknya,” tutup Agus Hariyana. @VIN