Hadiri Kongres PDIP, Jokowi Kenakan Pakaian Adat Lengkap Bali

oleh -

DENPASAR – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri acara Kongres PDIP V di Hotel Grand Inna Beach, Sanur, Bali, Kamis (8/8/2019). Jokowi tiba di lokasi kongres sekitar 30 menit setelah kedatangan Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto.

Pantauan Kabarjatim di lokasi, beberapa petinggi negara dan Ketua Umum Partai Politik (Parpol) koalisi pendukung Jokowi, datang lebih dulu sekitar pukul 12.00 WITA. Sekitar 30 menit kemudian, Wakil Presiden RI terpilih KH. Ma’ruf Amin tampak tiba di lokasi.

Kemudian disusul Prabowo Subianto, Wakil Presiden RI Jusuf Kalla, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, dan Jokowi tiba sekitar pukul 13.00 WITA.

Saat tiba di lokasi, Jokowi disambut para penari pendet dan penari hanoman warna merah dan putih. Jokowi memakai busana adat lengkap dengan udeng Bali.

Jokowi disambut Gubernur Bali yang juga Ketua DPD PDIP Bali, Wayan Koster, serta sejumlah pejabat setempat. Jokowi hanya membalas sapaan itu, dengan tersenyum dan melambaikan tangan saat memasuki arena kongres.

PDI Perjuangan menggelar Kongres V pada 8-11 Agustus 2019, dengan tema ‘Solid Bergerak untuk Indonesia Raya’ serta subtema ‘PDI Perjuangan menuju Partai Pelopor dan Modern’.

Pembukaan kongres dimulai pada pukul 13.00 Wita, yang diawali tarian selamat datang, lagu kebangsaan Indonesia, mars partai, himne partai, sampai seremoni pembukaan kongres.

Kongres digelar dengan beberapa sesi, dari Paripurna I hingga VI, pada Sabtu (10/8), dengan agenda pengesahan, pembahasan, serta penetapan Ketua Umum PDIP dan kepengurusan.