Gus Ipul Protes Keras Viral Video Pramuka Dukung Salah Satu Capres

oleh -
Gus Ipul
Gus Ipul

SURABAYA – Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa Timur, Saifullah Yusuf atau Gus Ipul menanggapi terkait video anggota pramuka yang mendukung salah satu pasangan calon presiden.

“Kita memprotes keras kepada yang membuat video yang sengaja mempolitisasi pramuka,” kata Gus Ipul di kantor Pramuka Kwarda Jawa Timur Saifullah di Jalan Raya Kertajaya, Surabaya, Senin (15/10).

Gus Ipul mengatakan, kepada siapa saja yang sengaja membuat dan mengedarkan video tersebut harus bertanggung jawab. “Orang yang membuat video juga wajib meminta maaf pada organisasi pramuka dan masyarakat serta menghentikan atau menarik video tersebut,” kata Gus Ipul.

Gus Ipul menjelaskan, pada saat pelantikan menjadi anggota pramuka, semuanya disumpah untuk tidak memasukkan politik praktis ke dalam organisasi gerakan pramuka.

Dan sesuai dengan AD/ART juga dijelaskan bahwa organisasi gerakan pramuka tidak boleh memasuki politik praktis kecuali mengatasnamakan pribadi bukan organisasi pramuka.

“Makanya pada waktu pilgub jatim kemarin, walaupun saya selaku ketua pengurus pramuka jatim, saya tidak mencampur adukan pilgub dengan pramuka,” ucap Gus Ipul.

Gus Ipul menegaskan, lokasi pembuatan video tersebut masih belum diketahui, namun jika peristiwa itu terjadi di Jawa Timur maka akan kita tindak tegas dengan membekukan gugus atau nomor induk pramuka.

“Kami juga meminta kepada Kwatir Nasional Gerakan Pramuka untuk mengambil langkah hukum dan bertindak cepat agar kejadian serupa tidak berulang,” ujar Gus Ipul. @VIN