Guru SMPN 1 Mojowarno Bagikan Infaq Pada 54 Siswa Yatim Piatu

oleh -

JOMBANG – Bulan Muharam merupakan bulan pertama dalam kalender Hijriah/Islam. Pada bulan ini pula waktu yang tepat untuk memetik berbagai keutamaan bulan Muharram.

Seperti halnya yang rutin dilakukan oleh para guru serta karyawan yang berada di SMP Negeri 1 Mojowarno, Kabupaten Jombang. Mereka membagikan infaq kepada siswa dan siswinya yang yatim piatu usai dilaksanakannya upacara bendera di sekolahannya, Senin (02/09/2019).

Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Mojowarno, Yoni Trijoko Kurnianto mengungkapkan, setiap bulan muharam rutin diadakan pembagian infaq bagi siswa didiknya yang yatim piatu. Ada sebanyak 54 siswa yang menerima infaq.

“Bulan ini adalah momen yang baik bagi kami bersedekah, jadi kami mengumpulkan infaq dari para guru dan karyawan yang sudah terima sertifikasi yang berada di sekolahan ini untuk kita bagikan kepada siswa yang yatim piatu,” tuturnya.

Sementara itu, lanjut Yoni, jika mengetahui ada kerusakan kelengkapan sekolah pada anak didiknya, pihaknya segera memberikan bantuan berupa uang guna membeli keperluan yang rusak.

“Kalau ada siswa kami yang sepatunya rusak, seragamnya sudah tidak layak dan sebagainya. Kami tanya, kalau siswa tersebut masuk dalam data yatim piatu atau duafa langsung kita berikan uang untuk membeli,” terangnya.

Sedangkan, masih menurut Yoni, tiap hari senin di sekolahan tempat ia mengajar juga rutin di adakan pengumpulan infaq secara sukarela dari seluruh siswanya. Besaran infaq dari tiap siswa pun beragam, serta tak ada paksaan.

“Tiap hari senin ada infaq dari siswa, yang biasanya hanya digunakan untuk mengunjungi jika ada temannya yang sakit atau ada wali murid yang meninggal dunia,” tegasnya.

Dengan adanya kebisaan seperti ini akan menambah serta meningkatkan rasa sosial pada seluruh siswa yang menimba ilmu di SMP Negeri 1 Mojowarno.