Golkar Mantapkan Gus Hans Sebagai Cawawali MA

oleh -

SURABAYA: Menyusul permintaan kandidat Cawali Surabaya Machfud Arifin mengerucutkan satu nama rekomendasi dari setiap partai pendukung, membuat Golkar mengambil langkah cepat. Partai berlambang beringin ini mengajukan Gus Hans untuk maju bacawawali  Pilkada Surabaya Desember mendatang.

Ketua DPD 2 Golkar Surabaya Arif Fathoni mengatakan, Golkar hanya mengusulkan Gus Han sebagai bacawawali mendampingi Machfud Arifin (MA) di Pilkada Surabaya. “Kemarin rekomendasi usulan itu sudah kami serahkan ke Pak MA,” ungkapnya Rabu (05/08/2020), saat ditemui di Kantor DPRD Surabaya.

Fathoni menjelaskan, Golkar memangkas jumlah bacawawali yang diusulkan dari yang semula dua orang menjadi calon tunggal. “Kami semula mengusulkan dua orang. Tapi dibalas melalui surat oleh Pak MA agar satu saja,” terangnya.

Anggota DPRD Surabaya itu menjelaskan Zahrul Azhar Asumta Asad atau lebih dikenal dengan Gus Hans disodorkan bukan tanpa alasan. Sosok putra kyai ini dianggap yang paling siap, mengingat sepak terjang politiknya sudah akrab dikenal masyarakat dalam dua tahun terakhir.

Gus Hans telah aktif menjadi jubir dan tim pemenangan Khofifah Indar Parawansah dalam Pilgub 2018 lalu. Sosoknya juga dikenal sebagai sosok nasional relijius warga nadhliyin Jawa Timur.

“Gus Hans sudah lama menyatakan ingin menjadi kontestan di Pilkada Surabaya. Selain itu tingkat keterpilihannya juga tinggi, terutama di kalangan warga nahdliyin,” jelas Fathoni.

Oleh karenanya Fathoni yakin, Gus Hans bacawawali yang diusulkan Golkar lebih baik dari yang lain. “Tapi kita tidak akan mendesak-desak. Semua terserah Pak MA. Kalaupun calon kita nanti dipilih alhamdullilah kalau tidak ya tidak apa-apa. Kita tetap dukung Pak MA,” ujarnya.

Menurut Fathoni surat rekomendasi calon kepala daerah di Pilkada Surabaya dari Golkar masih menunggu figur bacawawali yang dipilih MA. “Surat rekomendasi itu akan diberikan kalau Pak MA sudah berpasangan, karena surat rekomendasi yang diserahkan ke KPU Surabaya nanti harus sudah berpasangan,” pungkasnya. NOE