GKJW Mojowarno, Rayakan Natal Serta Do’a Korban Tsunami

oleh -

JOMBANG-Umat kristiani rayakan malam misa Natal di Gereja Kristen Jawi Wetan (GKJW) yang berada di Desa Mojowarno, Kecamatan Mojowarno – Jombang, Senin (24/12/2018)

Dengan mengangkat tema ‘yesus kristus adalah hikmat bagi kita’ dengan harapan bangsa indonesia benar – benar dalam kehidupan yang berhikmat. Serta lakukan do’a bagi korban tsunami.

Suwignyo Suwondo, pendeta dalam acara tersebut memaparkan, hikmat yang dimaksud disini yakni hikmat surgawi (Allah), bukan hikmat manusia yang dalam bahasa aslinya yakni genosis dan supiyah.

“Genosis yaitu hikmah manusia, sedangkan supiyah hikmah Allah, yakni sebuah hikmah (kepandaian) yang diketahui dengan budi pekerti dengan sikap hidup yang dilakukan sehari hari, sehingga bukan rekayasa tapi benar – benar untuk kesejahteraan umat” ucapnya.

“Kami selalu menaruh rasa setia kawan, makanya kita ikut merasa terpanggil dan berdo’a untuk saudara – saudara kita yang menjadi korban tsunami” imbuhnya.

Acara tersebut dimulai pukul 18:00 Wib, dan dihadiri sekitar 1.500 jemaah dari wilayah Mojowarno serta ada pula dari luar wilayah tersebut. Dengan tetap mengangkat budaya jawa para jemaah terlihat sangat hikmat saat ikuti prosesi acara tersebut.

Seperti diketahui GKJW Mojowarno ini berdiri sejak tahun 1881, dan merupakan gereja tertua di Jawa Timur, yang tepat berada di depan Rumah Sakit Kristen Mojowarno (RSKM). Meski usianya yang sudah satu abad lebih, namun tidak kehilangan identitas budaya hal ini dibuktikan oleh sejumlah jemaah GKJW yang memakai pakaian jawa seperti batik. @VIN