Gelapkan Lima Mobil Rental, Warga Jogoloyo Surabaya Dibui

oleh -

SURABAYA – Warga Jalan Jogoloyo Gang 6, RT 001 RW 003, Kecamatan Dukuh Pakis, Surabaya, Deni Agung Pujiatmoko (45), bakal mendekam dalam jeruji besi penjara dalam waktu lama, setelah dibekuk Unit Reskrim Polsek Karangpilang lantaran melakukan tindak pidana penggelapan mobil rental.

Pelaku diketahui menggelapkan lima mobil berbagai merek milik Rental mobil Dwi Putra di Perum Gunungsari Indah Blok D No.2 RT 001 RW 006 Surabaya.

Kepada pemilik rental mobil, pelaku menyewa lima mobil pada Juni 2018. Awalnya Deni lancar dalam membayar uang sewa, hingga dia dipercaya dan berhasil menyewa hingga lima unit mobil.

“Awalnya uang sewa sebesar Rp200 ribu hingga Rp300 ribu per hari lancar dia bayar kepada pemilik rental,” sebut Iptu Marji Wibowo, Kanit Reskrim Polsek Karangpilang Surabaya, Rabu (5/9/2018).

Karena dapat dipercaya, pelaku ini menyewa hingga total lima mobil yang belakangan ini diketahui telah digadaikan. Lima mobil itu adalah, Honda Jazz warna hitam metalik Nopol B-8933-XU, Daihatsu Xenia warna hitam metalik, Nopol W-483-XU, Daihatsu Xenia warna abu-abu metalik, Nopol B-1406-ZFI, Toyota new Avanza warna putih, Nopol L-1821-JU, Daihatsu Ayla warna putih, Nopol. L-1853-LS.

Lebih lanjut tambah Marji, awalnya pembayaran sewa mobil tersebut lancar, namun sejak, 12 Agustus 2018 pembayaran sewa mobil tersebut tidak dibayar lagi oleh terlapo. Lebih-lebih, 5 unit mobil tersebut diketahui telah digadaikan oleh pelaku kepada orang lain tanpa seizin pemiliknya.

Hal tersebut akhirnya dilaporkan ke Kepolisian oleh korban. “Pelaku sendiri berhasil ditangkap pada Senin 3 September 2018 lalu,” tutup Marji Wibowo.

Pelaku langsung dijebloskan ke dalam tahanan dan akan dijerat dengan Pasal 378 dan atau 372 KUHP tentang Penipuan. Selain pelaku dan 5 mobil, petugas juga mengamankan barang bukti 5 lembar form order sewa mobil.

Editor: Ahmad Saefullah