Gedung 5 Lantai Milik Pesantren Al Azhar Gresik Ambruk

oleh -

GRESIK – Pondok Pesantren Al Azhar di Desa Suci, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, tengah dirundung musibah.

Bangunan lima lantai tempat menginap santri dan proses belajar mengajar ambruk pada Selasa 27 November malam. Belum diketahui pasti penyebab ambruknya bangunan pesantren milik KH Imam Bukhori tersebut. Yang jelas, tidak ada korban luka maupun jiwa dalam peristiwa ini karena para santri telah dievakuasi sebelum kejadian.

“Pengasuh Ponpes sudah memindahkan santrinya menuju Pondok di Boteng Kecamatan Menganti,” ujar Kapolda Jawa Timur Irjen Lucky Hermawan saat meninjau ke tempat kejadian perkara, kepada awak media, Rabu (28/11/2018).

Sebelum ambruk, bangunan ponpes sudah diketahui dalam kondisi miring pada Selasa sore. Kemudian pengasuh ponpes berinisiatif mengevakuasi seluruh santriwati yang berjumlah seratusan orang ke Ponpes Boteng Meganti. Malam harinya gedung berlantai lima itu pun ambruk. Saat ini kondisi bangunan hancur tidak berbentuk sehingga tak bisa digunakan lagi.

Selain Kapolda Jawa Timur Irjen Lucky Hermawan, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Timur didampingi Bupati Gresik Sambari Halim dan Kapolres Gresik AKBP Wahyu Sri Bintoro juga ikut meninjau lokasi gedung yang roboh.