Ganding dan Guluk-guluk Sumenep Diterjang Puting Beliung

oleh -

SIMENEP – Puluhan rumah warga yang ada di Kecamatan Ganding dan Kecamatan Guluk-guluk, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, diterpa angin puting beliung.

Informasinya, puting beliung menerpa dua kecamatan tersebut usai adzan dhuhur atau sekira pukul 11.50 Wib.

Di Kecamatan Ganding, angin puting beliung hinggap di Desa Ketawang Daleman. Sementara di Kecamatan Guluk-guluk, angin puting beliung itu hinggap di Dusun Guluk-guluk Timur, Desa Guluk-guluk.

“Kalau yang di Kecamatan Guluk-guluk tepatnya di daerah Pasar Kemisan atau Pasar Guluk-guluk,” kata salah seorang warga yang lewat di jalur Pasar Guluk-guluk, Badrul.

Terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumenep, Abd. Rahman Riadi membenarkan terkait insiden hancurnya rumah warga karena puting beliung tersebut.

“Benar mas, barusan memang ada laporan dari masyarakat bahwa ada puting beliung,” jelasnya.

Menurut dia, puting beliung tersebut telah memporakporandakan sejumlah rumah di Kecamatan Ganding. “Ada sekitar 6 rumah warga yang rusak akibat angin puting beliung,” terangnya.

Hanya saja, lanjut dia, untuk insiden angin puting beliung yang di Kecamatan Guluk-guluk belum ada laporan ke BPBD.

Untuk Sementara, dalam kejadian tersebut tidak memakan korban jiwa, pihaknya, juga sudah mengutus tim kelapangan, guna memastiakan tingkat kerusakan rumah yang diterjang anging buting beliung tersebut. 

“Dan kami akan berikan bantuan berupa sembako dan terpal kepada warga setempat yang rumahnya mengalami kerusakan,” ungkap Rahman. 

Sedangkan, kerugian materil yang dialami warga akibat angin buting beliung tersebut, belum bisa ditaksir.(RUS)