Gandeng Wartawan, Kejari Sampang Beri Penyuluhan Hukum ke Masyarakat

oleh -

SAMPANG-Sebagai warga negara indonesia (WNI) yang baik wajib hukumnya untuk patuh pada aturan
dan hukum yang berlaku. Hukum yang ada pun harus dipahami oleh masyarakat. Kejaksaan
Negeri (Kejari) Sampang bersama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Sampang menggelar
penyuluhan dan penerangan hukum di Kantor kecamatan Omben, Kamis (8/11/2018).

Acara ini diikuti oleh unsur pelajar, perwakilan perangkat desa, tokoh masyarakat dan sejumlah aparatur sipil negara lainnya. Sedangkan materi yang disampaikan dalam penyuluhan tersebut yaitu tentang Undang – undang tentang perlindungan anak, Undang – undang tentang narkoba dan undang – undang tentang korupsi.

Kasi Intel Kejari Sampang Joko suharyanto mengatakan kegiatan penyuluhan tentang hukum itu merupakan kegiatan rutin kajari sampang setiap tahun dan pada tahun 2018 ini sudah terselenggara enam kali. Menurutnya kerjasama kegiatan penyuluhan tentang hukum ini baru kali pertama menjalin kerjasama dengan kalangan pers khususnya dari pers yang tergabung dalam PWI. “Kami sudah enam kali menyelenggarakan penyuluhan hukum, yaitu tiga kali penyuluhan hukum ke daerah dan tiga kali penyuluhan hukum kejari masuk sekolah, dan yang terlaksana sekarang ini baru pertama kali kita kerjasama dengan kalangan pers terutama PWI, dan bagi kami ini adalah terobosan baru,” jelasnya.

Menurutnya dengan penyuluhan hukum kepada masyarakat itu agar masyarakat lebih tau karena hukum tidak lepas dengan prilaku keseharian masyarakat, seperti kekerasan pada anak, narkoba, dan korupsi. Dan itu dapat diperkuat oleh kalangan media dalan menyalurkan informasi. “Ini bertujuan agar masyarakat lebih tau, dan ini bisa dibantu oleh PWI melalui informasinya,” pungkasnya. @VIN