FISIP UB Gelar Pendidikan Politik di Ponpes Miftakhul Ulum

oleh -

BLITAR– Pagi ini Fakultas Sosial dan politik Universitas Brawijaya Malang menggelar sosialisasi pendidikan politik prilaku pemilih santri di Pondok Miftakhul Ulum, Desa Jatinom. Acara itu juga melibatkan Bawaslu serta KPU Kabupaten Blitar Sabtu, (08/09/2018).

Pembicara dalam acara tersebut meliputi Dr. Sholeh Muadi, M.H M.SI, Dr Amin Heri, MA perwakilan dari Kampus, serta Bawaslu dan KPU Kabupaten Blitar. Dalam pantauan wartawan, acara berlangsung lancar, sejak Pukul 08.00 – selesai , diawali dengan tampilan sholawat para santri putra-putri.

Dalam acara tersebut, Hakam Sholahuddin, M.H selaku Ketua Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Blitar menyampaikan ; proses pemilihan umum mendatang tak hanya sekadar kontestasi politik. Namun, Hakam berharap pemilu juga bisa menjadi pembelajaran bagi pemilih pemula khususnya siswa sekolah dan santri sebagai generasi muda, khususnya di bidang politik. Maka dari itu, Hakam ingin siswa sekolah khususnya SMA sederajat, lebih berkontribusi dalam proses Pemilu yang akan datang, khususnya sebagai pengawas. Tak kurang dari 120 Siswa SMA dan santri hadir di acara itu.

“Himbauan ini akan terus kami sampaikan baik pada steakholder, tokoh masyarakat, pemuda maupun siswa dan mahasiswa, untuk berperan aktif melakukan pengawasan partisipatif di pemilu yang akan datang,” tutur Hakam, di sela-sela acara kepada Kabarjatim.com

Diharapkan dengan peran mereka nanti, menjadikan ada pengawasan yang efektif demi terwujudnya pelimu yang berintegritas.

“Kami harapkan pemilih pemula bisa berperan aktif dalam melakukan pengawasan, jelang pelaksanaan Pemilu mendatang. Petugas pengawas saja tidak cukup, perlu ada partisipasi dari pihak masyarakat” imbuhnya. @VIN