Empat Desa Belum Setor Spj DD 2018

oleh -

SUMENEP-Sedikitnya ada empat desa di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, hingga pertengahan Maret 2019 ini belum setor surat pertanggungjawaban (Spj) dana desa (DD) tahun 2018.

Padahal, anggaran DD untuk tahun 2019 ini tengah digodok oleh pemerintah. Dengan keterlambatan empat desa itu, akan menghambat ke desa lain yang sudah lebih awal melaporkan Spj.

“Ada empat desa yang belum setor (Spj), ini akan menghambat proses DD tahun 2019,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sumenep, Ahmad Masuni.

Masuni mengaku belum mengetahui secara pasti masalah yang sedang dihadapi oleh empat desa itu hingga telat menyetorkan Spj. Sehingga dalam waktu dekat akan dilakukan pemanggilan kepada pihak aparat desa yang bersangkutan.

“Rencana kami Senin depan akan dipanggil. Biar clear apa permasalahannya. Sebab nanti akan dijadikan bahan audit BPK,” terangnya.

Masuni berharap, Spj empat desa itu akan rampung dalam bulan Maret ini. Apabila lewat batas waktu tersebut, bisa jadi nanti akan menghambat proses pencairan DD tahun 2019.

Selain itu, DPMD kata Masuni telah membuat tim untuk membantu desa yang belum menguasai penuh atas pembuatan Spj. “Jadi nanti setiap desa yang belum melakukan Spj ini akan kita bantu, oleh tim itu,” tuturnya.

Hanya saja, Masuni enggan menjawab ketika ditanyakan soal desa mana saja yang belum menyetorkan Spj tersebut. “Nanti tau sendiri,” tandasnya.

Editor : Nurul Arifin