Dua Pemuda Spesialis Pencuri HP Dibekuk Polres Jombang

oleh -

JOMBANG – Dua pemuda pelaku pencurian dengan pemberatan (Curat) spesialis Handphone (HP), diamankan oleh anggota unit RESMOB I dan IV Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Jombang, pada Kamis (17/10/2019) kemarin.

Mereka adalah Moh. Fajar Shidiq (21), dan Brilian Rafi Anerda (20), keduanya asal Dusun/Desa Rejoagung, Kecamatan Ploso, Kabupaten Jombang. Sementara korbannya yaitu Rendi Ardiansyah (35), warga Dusun/Desa Brudu, Kecamatan Sumobito, Jombang.

Kedua pelaku diamankan di tempat yang berbeda yakni, Fajar di rumahnya, sedangkan Brilian diamankan saat sedang berada di sebuah cafe di Desanya.

Penangkapan pelaku berawal dari laporan seseorang, bahwa pada hari Rabu 25 September 2019, pukul 03.00 Wib, telah terjadi pencurian di Asrama Ki Hajar Dewantara Kantor PSBR di Jalan DR. Wahudin Sudiro Husodo, Desa Sengon, Kecamatan/Kabupaten Jombang.

“Adanya laporan tersebut, anggota kami segera melakukan penyelidikan. Alhasil kedua pelaku berhasil kita amankan,” ucap AKP. Azi Pratas Guspitu, Kasat Reskrim Polres Jombang, Jum’at (18/10/2019).

Modus operandinya, lanjut Azi, mereka berangkat dengan menggunakan sepeda motor YAMAHA MIO warna merah Nopol W 6319 YU, dan langsung menuju PSBR. Setibanya disana Fajar memanjat tembok belakang PSBR dan masuk ke ruangan/asrama Ki Hajar Dewantara dengan membuka slot pintu melalui jendela yang tak terkunci. Sementara Brilian menunggu di atas motor.

“Pelaku berhasil membawa 1 HP Merk Xiaomi type REDMI NOT 5A warna gold dari dalam asrama,” imbuhnya.

Saat dilakukan penyidikan, kedua pelaku ini mengaku tak hanya sekali melakukan pencurian di asrama tersebut. Bahkan sudah beberapa ruangan dalam asrama telah dijarah.

“Tanggal 25 September, mereka berhasil mencuri 7 unit HP berbagai Merk, kemudian pada 15 Oktober, sebanyak 6 unit HP dan uang tunai Rp. 500.000. Selain itu di sepanjang tahun 2018, mereka berhasil mencuri  sebanyak 25 unit HP,” terang Azi.

Saat dilakukan penangkapan, dari tangan pelaku petugas mendapatkan barang bukti 1 buah HP Merk XIAOMI warna Gold type REDMI NOT 5A, 1 HP Merk HUWAWEI warna gold, 1 buah HP Merk SAMSUNG J6 warna hitam, dan 1 buah HP merk HUWAWEI warna hitam serta uang tunai hasil penjualan Rp. 512.000.

Guna mempertanggungjawabkan perbuatannya, kedua pelaku beserta barang buktinya di amankan di Mapolres Jombang. Mereka akan dijerat dengan pasal 363 KUHP, pencurian dengan pemberatan dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara. (RUS)