Dua Pelaku Spesialis Curanmor ditangkap satreskrim polres Jombang

oleh -
Pelaku dan barang bukti

Jombang – Dua orang pelaku  spesialis pencurian berhasil diamankan Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Jombang. Satu pelaku terpaksa dihadiahi timah panas oleh petugas karena melawan saat ditangkap.

Kedua pelaku yang berhasil diamankan yakni, M. Solikhin, 29 dan Muchid Robi Santoso, 21 Keduanya merupakan warga Desa Karangwinongan, Mojoagung.

Kasatreskrim Polres Jombang, AKP Gatot Setyo Budi mengatakan, penangkapan terhadap pelaku merupakan buah dari penyelidikan yang dilakukan oleh anggota terhadap banyaknya laporan aksi pencurian kendaraan bermotor yang terparkir di tepi jalan area persawahan terutama di wilayah Mojoagung dan Sumobito.

“Setelah melakukan penyidikan petugas  mendapatkan informasi keberadaan salah satu pelaku Yakni MS dan dan langsung diamankan, namun saat di amankan pelaku berusaha kabur, sehingga dilakukan tindakan tegas terukur dengan cara menembak pada kaki kanannya,” Ujarnya saat persrilis di Mapolres Jombang. Jumat 7 September 2018.

Ia menambahkan dari hasil penangkapan tersangka MS, pelaku mengaku bahwa tindakan pencurian kendaran bermotor dilakukan berdua dengan Tersangka MR. Petugas akhirnya berhasil mengamankan kedua.

“Dari tangan kedua tersangka ini, berhasil diamankan barang bukti berupa tiga buah kunci Letter T,  Satu unit sepeda motor Honda Beat warna putih dengan Nopol S-2406-ND yang biasa digunakan para tersangka untuk beraksi,” imbuhnya.

Gatot menjelaskan, dalam menjalankan aksinya para tersangka memilih sasaran secara acak,  yakni dengan cara berkeliling di wilayah kabupaten Jombang terutama di jalur persawahan.

“Ketika mendapati sepeda motor yang terparkir di tepi sawah dan tanpa pengawasan oleh pemiliknya maka langsung dieksekusi oleh para tersangka dengan menggunakan Kunci T,” jelasnya.

Para pelaku saat ini berada di Mapolres Jombang untuk pemeriksaan lebih lanjut dan terancam pasal 363 Kitab Undang Undang Hukum Pidana dengan Ancaman pidana penjara paling lama 7 tahun.

Dua Penadah Ikut Diamankan

Selain mengamankan Dua pelaku spesialis pencurian kendaraan bermotor, Satuan Reserse Kriminal Polres Jombang juga berhasil menangkap dua orang penadah hasil curian kendaraan bermotor tersebut.

Dua orang penadah yang berhasil ditangkap yakni, Hermawan, 42 warga Desa Betek kecamatan Mojoagung dan Kodri, 46 Warga desa Berat Kulon Kecamatan Kemlagi Jombang.

“Setelah mendapatkan hasil curiannya para pelaku menjual kepada saudara H, dan H menjual kendaraan tersebut kepada Saudara K,” ujar  Kasatreskrim Polres Jombang, AKP Gatot Setyo Budi.

Dari tangan para pelaku, Anggota Satreskrim Polres Jombang berhasil mengamankan empat unit kendaraan roda dua hasil kejahatan. Diantaranya, Satu unit sepeda motor mega pro, Dua unit Sepeda Motor Yamaha Vixion, serta satu unit Honda Vario Warna Putih.

“Bagi yang merasa kehilangan sepeda motor dapat langsung menuju satreskrim polres jombang untuk mengambil barang bukti dnegan membawa surat kelengkapan kendaraan bermotor,” imbuhnya. (Bay)