DPRD Sumenep Godok Dua Raperda, Salah Satunya Struktur Organisasi Pemerintah

oleh -

SUMENEP: Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, tengah menggodok dua rancangan peraturan daerah (Raperda) yang akan diterapkan di Sumenep. Dua Raperda tersebut salah satunya yang mengatur parampingan struktur organisasi pemerintah.

Ketua DPRD Sumenep, Abdul Hamid Ali Munir mengatakan, ada dua pembahasan dalam rapat tersebut, yaitu pertama terkait pembentukan dana cadangan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati pada Pilkada tahun 2024, lalu yang kedua soal rancangan perubahan struktur organisasi (SO) pemerintah daerah.

“Ini menjadi sebuah indikator dan kesiapan pemerintah dalam mengantisipasi kebutuhan dalam pilkada kurun waktu 4 tahun ke depan,” katanya.

Dalam merumuskan dua Raperda itu, lanjut Hamid, akan dilakukan pembentukan panitia khusus (Pansus) yang tugasnya untuk memastikan bahwa pembentukan dua Raperda itu dilakukan dengan mekanisme dan perencanaan yang tepat serta perencanaan dana cadangan yang matang.

Sebab kata Hamid, dalam pelaksanaan Raperda seperti Struktur Organisasi akan sangat berdampak pada pemerintahan semisal point demi point dalam Raperda tersebut kurang diteliti.

“Ini usaha kami sebagai bentuk reformasi birokrasi yang akan membawa perubahan positif terhadap mental dan budaya kerja birokrasi,” jelasnya.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Sumenep Abuya Busyro Karim mengaku jika pembentukan dana cadangan sudah sesuai dengan Undang-Undang Dasar RI Nomor 33 Tahun 2004 dalam Pasal 76 Ayat 1.

Dia juga menegaskan, Raperda tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Nomor 9 Tahun 2016 tentang Bentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Sumenep berpedoman pada UU Nomor 23 tahun 2014. Hal itu berdampak yang cukup besar terhadap roda pemerintahan Sumenep.

“Termasuk pengaturan mengenai perencanaan pembagunan pengelolaan uang daerah. Makanya tentang pembentukan dana cadangan, diamanatkan guna mendanai yang tidak dapat dibebankan dalam satu tahun anggaran yang ditetapkan dengan peraturan daerah,” tandasnya. NOE