DPRD Sumenep Dorong Desa Wisata

oleh -

SUMENEP – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, mendorong agar pemerintah setempat mengalokasikan anggaran untuk pengembangan desa wisata.

Anggota Komisi IV DPRD Sumenep Farid Afandi mengatakan, dengan adanya program Visit Sumenep seharusnya mampu mendongkrak potensi-potensi wisata yang berada di desa. Dimana sejumlah desa di Sumenep ini memiliki potensi destinasi wisata menarik yang belum mendapatkan perhatian.

“Wisata desa harus menjadi ikon bagi event Visit Sumenep. Pemkab harus mampu menginventarisir potensi masing-masing desa yang ada. Sehingga saat pengunjung datang banyak menu yang bisa tawarkan, semisal contoh wisata di Desa Pujon Kidul, Malang,” terangnya.

Dia juga menilai, saat ini event Visit Sumenep masih sebatas di seremonial saja. Sebab dari berbagai agenda yang dilaksanakan, masih dengan suasana yang sangat seremonial saja. “Kami tidak mau hanya sekadar formalitas dan menunjukkan sikap hura-hura yang secara manfaat tak begitu dirasakan oleh masyarakat desa,” tegasnya.

Oleh sebab itu, dia berharap agar item kegiatan yang ada pada Visit Sumenep itu mencerminkan budaya lokal Sumenep. Sehingga memiliki ciri khas, bisa melestarikan dan meningkatkan budaya lokal yang dimiliki Sumenep.

Selain itu, penataannya juga harus lebih baik dari tahun sebelumnya. Semisal kegiatan itu harus mampu mendongkrak perekonomian masyarakat sekitar. Kegiatan itu juga harus memberikan ekses nyata bagi bangkitnya perekonomian kelas menengah dan mampu menopang perekonomian masyarakat desa.

“Nantinya pemerintah bisa memetakan potensi wisata desa mana saja yang bisa menampung event ini. Dan dengan Visit Sumenep ini, pasti akan membantu desa dalam upaya meningkatkan PADesnya,” tandasnya.(*)

Editor : Rusmiyanto