Djarum Foundation Bersama Kodam V Brawijaya, “Siap Darling” Benteng Van Den Bosch Ngawi

oleh -

NGAWI – Program penghijauan kembali diprogramkan oleh Djarum Foundation bersama Kodam V Brawijaya. Untuk kali ini Djarum Foundation memilih Kabupaten Ngawi, Jawa Timur sebagai letak penghijauan dan penanaman pohon.

Salah satunya tempatnya adalah Benteng Van Den Bosch yang dikenal oleh masyarakat sekitar dengan sebutan Benteng Pendem. Benteng Van Den Bosch yang mempunyai luas 18 hektar merupakan saksi bisu perjalanan perjuangan bangsa Indonesia.

Selama penanaman pohon selain didukung dengan Kodam V Brawijaya juga oleh generasi milenial untuk menghijaukan cagar budaya melalui program “Siap Sadar Lingkungan (Siap Darling)”. 

Selain memberikan penghijauan kepada sekitatan Benteng Pendem ini juga mengajak generasi milenial untuk wajib peduli kepada bumi dan bangunan bersejarah.

Sebanyak 130 pohon dan tanaman berbunga yang ditanam berasal dari Pusat Pembibitan Tanaman (PPT) Bakti Lingkungan Djarum Foundation di Kudus, Jawa Tengah. 

Berbagai jenis pohon tersebut ditanamkan di di Sekitaran kompleks Benteng Pendem.Selama pembukaan program Siap Darling dihadiri oleh Dandim 0805 Ngawi Letkol ARH Hany Mahmudhi SE dan Vice President Djarum Foundation, FX Supanji.

Juga di ikuti 248 mahasiswa yang berasal dari Universitas Merdeka Madiun, Politeknik Negeri Madiun, STAI Madiun, STISIP Muhammadiyah Madiun, STKIP Modern Ngawi, UIN Sunan Kalijaga, Unika Widya Mandala, Universitas PGRI Madiun, Universitas Soerjo Ngawi dan IAI Ngawi .

Selama proses penanaman pohon, FX Supanji memberikan keterangan tentang pentingnya penanaman pohon terutama di Sekitaran bangunan bersejarah. “Selain memperindah alam Sekitaran bangunan benteng, juga memelihara tanah supaya kuat dan tidak mengalami longsor.

Sehingga tanah kondisi kuat dan bangunan bersejarah ini masih berdiri kokoh. Selain itu bila tempat wisata terasa sejuk dan indah maka dipastikan pengunjung akan meningkat, dan itu keuntungan bagi APBD daerah tersebut,” ujarnya.

FC Supanji menjelaskan penanaman pohon dilatih sedini mungkin kepada generasi milenial, semangat besar untuk menjaga dan merawat lingkungan. Selain itu target destinasi pengunjung  Benteng Van Den Bosch sebagai obyek wisata unggulan Kabupaten Ngawi.

Dandim 0805 Ngawi Letkol ARH Hany Mahmudhi SE, dilokasi penanaman menyambut baik upaya Djarum Foundation melestarikan situs sejarah melalui program “Siap Darlling”,. Dengan program Siap Darlimg, Benteng Van Den Bosch yang dulu kurang terawat kini bisa difungsikan sebagai objek wisata.

Letkol ARH Hany Mahmudhi SE menceritakan jejak rekam Benteng Pendam bergaya Romawi ini dibangun Belanda pada tahun 1839 hingga 1845 untuk meredam pergolakan rakyat melawan penjajah hingga satu abad lamanya.

“Benteng ini merupakan sebuah tempat yang sangat penuh nilai sejarah yang tentunya harus dilestarikan. Apa yang dilakukan Djarum Foundation bersama mahasiswa hari ini adalah upaya untuk menjaga dan terus mengenang perjuangan para pahlawan,” ujar Letkol ARH Hany Mahmudhi SE.

Sebelumnya Djarum Foundatiom sudah menjalankan program penghijauan di kawasan Candi Prambanan Yogyakarta pada akhir Juni, dan program tersebut akan terus dilanjutkan.

Program program penghijauan yang dilaksanakan oleh Djarum Foundatiom, melibatkan Balai Pelestarian Cagar Budaya. Kedua belah pihak berkomitmen menghijaukan berbagai situs budaya di Indonesia.