Ditinggal Pergi, Rumah Warga Jombang Ludes Dilalap Si Jago Merah

oleh -

JOMBANG – Rumah pasangan Suherianto (39) dan Salamah (38), warga Dusun/Desa Catak Gayam, Kecamatan Mojowarno, Jombang, ludes dilalap sijago merah, Jum’at (2/11/2018).

Informasi yang dihimpun, kejadian bermula sekitar pukul 18.50 WIB ketika warga sedang menunaikan sholat Isya’. Selesai turun dari musala api mulai terlihat dan sebagian warga berusaha memadamkan kobaran api dengan alat seadanya.

Karena kondisi rumah dalam keadaan kosong setelah ditinggal penghuninya berkunjung ke desa sebelahnya, maka upaya pemadaman yang dilakukan warga tak maksimal dan kobaran api semakin membesar.

Khawatir merembet ke bangunan lainnya, aparat desa setempat yang mendapat laporan lantas menghubungi petugas pemadam kebakaran di Mojoagung. Sekitar 10 menit berselang satu unit mobil damkar datang ke lokasi kebakaran dan langsung melakukan pemadaman.

Lokasi jalan yang sempit serta rumah yang terbakar berada di belakang rumah warga lainnya menyulitkan upaya pemadaman. Selang satu jam setengah petugas Damkar datang si jago merah baru bisa dijinakkan.

Suherianto, pemilik rumah merasa terkejut saat mendapat kabar bahwa rumahnya terbakar. Ia beserta istrinya hanya bisa pasrah melihat seluruh bangunan serta isi rumahnya ludes tak tersisa.

“Saya kaget setelah dapat kabar rumah saya terbakar, saya langsung pulang dan hanya bisa melihat tanpa bisa apa-apa,” ucapnya.

“Ada surat berharga seperti akta kelahiran seluruh keluarga, ijazah, BPKB sepeda motor, TV, komputer dan alat elektronik lainnya,” imbuhnya.

Petugas kepolisian dari Sektor Mojowarno yang hadir segera melakukan pendataan serta penyelidikan. Dugaan sementara api berasal dari otomatis mesin pompa air. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah.

Editor: Ahmad Saefullah