Disperta Bondowoso Evaluasi Kelompok Peternak Penerima Bantuan

oleh -

BONDOWOSO – Kepala Dinas Pertanian Perkebunan dan Peternakan (Disperta ) Bondowoso H. Munadar menyatakan pihaknya terus melakukan evaluasi terhadap kelompok peternak untuk menjamin bantuan tak salah sasaran.

Evaluasi tersebut diawali saat kelompok mengajukan permohonan bantuan kepada Disperta. Baik bantuan ternak maupun kandang dan peralatan untuk mempermudah peternak mengembangkan populasi. Semua pengajuan yang diterima oleh Disperta dilakukan kroscek ke lapangan.

“Tim akan melakukan verifikasi atas pengajuan yang telah diterima. Apakah kelompok yang mengajukan bantuan itu layak atau tidak. Terutama lokasi, mendukung atau tidak untuk mendapatkan bantuan,” terang Munandar, Minggu (9/12/2018).

Menurut Munadar, telah terjadi penyusutan sejak Disperta melakukan evaluasi terhadap banyaknya kelompok ternak. Tahun-tahun sebelumnya, terdapat lebih dari 300 kelompok ternak. Namun, sejak 2017 kelompok tersebut sudah menyusut menjadi 100 kelompok.

“Sisa kelompok itu masuk dalam binaan kami. Langkah yang kami lakukan ini untuk mengatasi semua kendala menuju klaster. Ini juga untuk mempermudah kami memberdayakan kelompok yang aktif sehingga akan menghasilkan produk-produk ternak yang berkelas,” ujarnya.

Munandar menambahkan pihak Disperta selalu rutin memantau perkembangan kelompok yang telah mendapatkan bantuan. Sehingga, Disperta mendapatkan masukan untuk melakukan evaluasi terhadap kelompok yang pasif. Terutama, kelompok yang menjual bantuan yang telah diberikan.

Editor: Ahmad Saefullah