Dishub Prediksi 7 Juta Penumpang Mudik dan Balik di Jatim

oleh -
SURABAYA – Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Timur memprediksi total penumpang arus mudik dan balik Lebaran 2019 di Jatim mencapai 7,12 juta orang. Dari angka itu, sekitar 3,4 juta orang merupakan pemudik dengan jalur darat, menggunakan bus.
Kepala Dishub Jatim, Fattah Jasin, mengatakan tingginya jumlah arus mudik via darat, karena adanya dukungan kesiapan tol mulai Ngawi sampai Probolinggo, serta tol dari Surabaya sampai Malang pada 2019.
“Hampir sebagian besar pemudik dan balik, akan melakukan perjalanan dengan menggunakan jalur darat dengan bus,” kata Fattah, dikonfirmasi, Jumat (24/5/2019).
Dishub Jatim mencatat, tersedia sebanyak 5.901 angkutan bus dengan total perkiraan penumpang mencapai 3.385.004 orang. Sedangkan untuk kereta api tersedia sebanyak 577 trip dengan total perkiraan penumpang mencapai 983.198 orang.
“Sementara di jalur laut, tersedia sebanyak 51 kapal yang akan melayani pemudik, dengan total perkiraan penumpang mencapai 205.338 penumpang,” kata Fattah.
Sementara untuk kapal penyeberangan atau ferry, di Jatim tersedia sebanyak 52 armada dengan total perkiraan penumpang 1.367.069 orang, dan pesawat terbang sebanyak 396 penerbangan dengan total perkiraan penumpang 1.183.816 orang.
Selain kesiapan armada, lanjut Fattah, pihaknya juga memastikan ketersediaan tempat istirahat sementara atau rest area, pos pelayanan kesehatan pemudik, sampai ketersediaan bahan bakar minyak (BBM). Sehingga bila terjadi kehabisan stok dapat segera dilakukan pengiriman.
“Ada tambahan dua titik transmisi utama BBM di Jatim, yakni di Tuban dan Surabaya, yang siap melayani ketersediaan BBM bersama enam sub titik transmisi lainnya,” katanya.
Editor. :  Rusmiyanto