Dishub Jombang Tertibkan Mobil Parkir di Jalur Hijau

oleh -
Petugas Saat Halau Mobil Parkir Di Jalur Hijau
Petugas Saat Halau Mobil Parkir Di Jalur Hijau

JOMBANG-Petugas dari Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Jombang melakukan penertiban kendaraan yang parkir sembarangan di jalur hijau (Sepeda Becak), di jalan KH. Wahid Hasyim, Kecamatan/Kabupaten Jombang, Rabu 17/07/19.

Dalam kegiatan penertiban tersebut, petugas menemukan sejumlah kendaraan roda 4 yang terparkir sembarangan di depan kantor Pengadilan Negeri Jombang.

Komandan Regu Lapangan Dishub Jombang, Doni Trisetyanto menuturkan, kegiatan tersebut bertujuan sebagai penertiban di kawasan tertib lalu lintas yang ada di Kabupaten Jombang.

“Ini tujuannya menertibkan kendaraan di kawasan tertib lalu lintas, mulai dari bentor, kendaraan parkir di atas trotoar, serta kendaraan truck roda 6 ke atas yang masuk wilayah kota belum pada waktunya atau jam yang sudah ditentukan,” ucapnya.

Penertiban tersebut, lanjut Doni, dilakukan setiap hari dan sesuai dengan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Raya. Sementara untuk jalur hijau dilarang digunakan sebagai tempat parkir.

“Yang ada di depan kantor Pengadilan Negeri kan termasuk jalur hijau, dan itu dilarang untuk digunakan parkir kendaraan. Kami sementara hanya melakukan penertiban dan menghalau saja agar jangan parkir di kawasan yang dilarang,” terangnya.

Disinggung terkait sanksi bagi kendaraan yang melanggar peraturan tersebut, petugas masih belum melakukan penindakan.

“Kami setiap hari melakukan penertiban, namun masih dalam taraf mengingatkan saja. Jika nanti sudah ditetapkan, maka akan ada sanksi berupa penindakan dan penilangan tetapi itu dari pihak Kepolisian,” pungkas Doni.

Sementara, pemilik kendaraan roda 4 yang parkir sembarangan kemudian dipanggil serta disuruh memindahkan mobilnya ke kawasan yang sudah ditentukan.