Disdik Sumenep Luncurkan Program Pesantren Ramadhan

oleh -

SUMENEP – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, meluncurkan program unggulannya yang akan digarap selama Bulan Ramadhan 1440 Hijriah ini.

Acara peluncuran tersebut dilakukan berbarengan dengan acara puncak Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2019, digedung Korpri, Jalan Dr. Cipto Sumenep.

Dalam sambutannya, Kepala Disdik Sumenep, Bambang Irianto menyampaikan bahwa program tersebut merupakan bagian dari menguatkan dan memajukan pendidikan dengan tema Melalui Pendidikan Berbasis Ilmu Teknologi yang Berakhlaqul Karimah.

“Kami menginginkan, para generasi muda yang peka terhadap perkembangan zaman. Namun memiliki filter diri untuk mempertahankan spiritual dan karakter leluhur,” katanya dalam sambutan.

Dikatakan pula, program Pesantren Ramadhan tersebut akan digelar mulai besok, Selasa 21 Mei 2019 secara serentak. Mulai tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP) dibawah Disdik Sumenep.

“Jadi mulai besok program ini akan dilaksanakan secara serentak se Kabupaten Sumenep. Baik ditingkat PAUD, SD sampai SMP,” terangnya.

Sementara, penerapan program ini nantinya akan mengacu para petunjuk teknis pelaksanaan Pesantren Ramadhan dari Kementerian Agama Republik Indonesia.

“Yang paling penting, type kegiatan ini akan menyesuaikan dengan kondisi dj masing-masing sekolah,” terangnya.

Bupati Sumenep, Abuya Busyro Karim mengapresiasi program yang diluncurkan oleh Disdik Sumenep itu. Dia berharap, nantinya nilai-nilai pesantren juga bisa diterapkan di pendidikan umum (negeri).

“Pada zaman seperti sekarang ini memang harus saling berkolaborasi. Baik antara sistem pendidikan pesantren dengan pendidikan umum. Jadi antara era digital ini bisa ditopang dengan kekuatan akhlaqul karimah,” tandasnya.

Sementara itu, ratusan peserta tampak antusias mengikuti acara tersebut yang dihibur dengan tari-tarian siswa hingga lantunan ayat suci Al-quran.