Disdik Sumenep Luncurkan Kartu Cerdas untuk Siswa

oleh -

SUMENEP: Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, meluncurkan kartu cerdas (Smart Card) untuk menunjang proses belajar para siswa tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Kepala Disdik Sumenep, Bambang Irianto mengatakan, program kartu cerdas tersebut merupakan kali pertama yang dilakukan oleh pemerintah setempat dalam rangka lebih mencerdaskan para siswa.

“Smart Card ini merupakan terobosan kami di Dinas Pendidikan Sumenep untuk terus membuktikan bahwa kami peduli terhadap para siswa, seiring kemajuan jaman para siswa juga dituntut untuk terus berfikir cerdas,” katanya.

Saat ini, lanjut Bambang, terobosan kartu cerdas tersebut sedang di uji coba untuk siswa setingkat SMP. Namun tidak menutup kemungkinan nantinya juga akan diterapkan ditingkatan lainnya.

“Sementara kami baru menerapkan di SMPN 1 Sumenep, namun tidak menutup kemungkinan tahun depan akan diterapkan di semua SMP,” jelasnya.

Menurut Bambang, kartu cerdas tersebut memiliki dua fungsi. Yakni bisa sebagai absensi dan juga bisa sebagai buku tabungan siswa.

Dengan hadirnya kartu ini, para wali siswa juga tidak perlu khawatir apakah anaknya masuk sekolah atau tidak. Karena salah satu keunggulan dari kartu cerdas itu yakni bisa terkoneksi ke Hp orang tua siswa.

“Setiap siswa mau masuk atau pulang dari sekolah, di haruskan menggesek kartu itu. Jadinya otomatis ada notifikasi ke Hp orang tuanya,” tandasnya.(Noe)