Disdik Sumenep Godok Sejumlah Siswa Jelang OSN Tingkat Provinsi

oleh -

SUMENEP– Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, menggodok sebanyak 15 siswa berprestasi yang telah memenangkan olimpiade sains nasional (OSN) tingkat kabupaten.

Dari 15 siswa tersebut, nantinya akan diambil 3 orang untuk mengikuti OSN tingkat Provinsi di Jawa Timur. Mereka selama ini sedang di godok di salah satu hotel di Kabupaten Sumenep.

Pelaksana tugas Kepala Disdik Sumenep, Mohamad Saedi melalui Kabid Pendidikan Dasar, Fajarisman mengatakan, 15 siswa berprestasi tersebut merupakan hasil dari OSN tingkat kabupaten yang dilaksanakan pada 14 sampai 15 Maret 2019.

“Berdasarkan penilaian tim juri, juara terbaik dari mata pelajaran Matematika dan IPA diambil 15 orang. 15 orang siswa ini selama 9 hari akan mengikuti pembinaan dari kita,” katanya.

Sesuai ketentuan tingkat Provinsi, nantinya dari penggodokan yang dilakukan selama 9 hari, dari 15 peserta diambil 3 masing masing mapel yang akan diutus berkompetisi di tingkat Provinsi.

“Dari yang 15 kita ambil jadi 3 peserta, masing masing mapel Matematika dan IPA yang nantinya akan diutus menuju provinsi,” ujarnya.

Lebih lanjut Fajar mengaku, lomba di tingkat Jawa Timur akan dilaksanakan 28 Maret 2019, di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP), Sumenep mempersiapkan untuk bisa berlaga menjadi lebih baik dan berkualitas, karena di tahun lalu 2018, utusan Sumenep masuk perigkat 3 dalam nominasi Nasional.

“Kita Tahun 2018 kemarin, Ayin Raufillah meraih juara 3 di tingkat Nasional medali perunggu, harapannya di tahun ini kembali menjadi juara,” harapnya.

Untuk itu, pihaknya berharap dukungan penuh dari semua elemen, sebab peserta didik perlu dibiasakan, serta dibimbing untuk bisa berhasil.

Selain itu, olimpiade tersebut hingga International sampai ke Jepang, Korea, dan beberapa negara lain. Hal ini menjadi barometer keberhasilan pendidikan di Indonesia dengan tidak mengurangi yang lain, tapi ukuran yang paling tinggi adalah olimpiade.

“Jadi kami harapkan kerjasama semua pihak mengingat Kabupaten Sumenep prestasi dibidang OSN ini akan diwakili oleh para siswa ini,” tandasnya.

Kabupaten Sumenep tahun 2018 lalu memang mendapatkan medali perunggu daro ajang bergengsi tersebut. Tahun ini, Disdik Sumenep menargetkan perwakilannya harus menang. Minimal di juara 2 atau juara 1. ADV

Editor : Nurul Arifin