Disdik Jombang, Seragam Gratis Nasional Dalam Proses Persiapan

oleh -

JOMBANG – Pengadaan kain seragam gratis untuk SMP/MTs baik negeri maupun swasta di Kabupaten Jombang dinilai lamban. Hingga dua bulan aktifitas belajar mengajar di tahun ajaran 2019/2020 berjalan, siswa didik baru masih mengenakan seragam SD/MI.

Kabid pembinaan SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang, Agus suryo handoko mengungkapkan, penyediaan kain seragam gratis sudah selesai proses kontrak dengan pihak penyedia. Selanjutnya pihak tersebut saat ini sedang dalam proses persiapkan.

“Saat ini pihak penyedia (pemenang kontrak) sedang mempersiapkan kain seragam gratis yang nasional. Waktu batas akhir bagi penyedia selama 40 hari setelah penandatanganan kontrak. Jadi untuk seragam nasional diperkirakan paling akhir tanggal 29 September 2019,” ucapnya saat ditemui di kantornya, Senin (02/09/2018) kemarin.

Sedangkan, lanjut Agus, untuk seragam olah raganya akan tersedia lebih dahulu dibandingkan seragam nasional. Sebab penandatanganan kontraknya selesai lebih dulu.

“Nantinya seragam olah raga yang lebih dahulu bisa di distribusikan kepada siswa, sebab kontrak dengan penyedia lebih dulu yang itu (olah raga),” tuturnya.

“Jadi saat ini semuanya baik seragam olah raga serta kain seragam nasional sudah berproses. Kita tinggal menunggu konfirmasi dari penyedia untuk dikirim ke Jombang dan kemudian bisa di distribusikan ke sekolah – sekolah,” tegasnya.

Sementara, untuk siswa didik baru di sekolah tingkat pertama baik negeri maupun swasta harus lebih bersabar lagi menunggu memakai seragam yang sama dengan kakak kelasnya. 

Sedangkan bagi siswa baru yang seragamnya sudah tak muat atau sudah tak layak pakai, sementara bisa membeli seragam sendiri.

“Nanti kalau kain seragam gratis dari pemerintahan setempat sudah jadi, seragam yang beli sendiri masih bisa digunakan sebagai ganti jika salah satu kotor atau rusak,” pungkas Agus.