Dinsos Sumenep: Beras BPNT Aman dan Tidak Ada Beras Plastik

oleh -

SUMENEP: Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Sumenep memastikan tidak ada beras bantuan bantuan pangan non tunai (BPNT) pada tahun lalu yang terindikasi berbahan plastik. Hal itu setelah viralnya sebuah video warga yang menyebut bahwa beras yang diterimanya seperti karet.

“Hasil dari seluruh investigasi yang dilakukan, termasuk hasil uji lab menyebutkan bahwa beras BPNT itu tidak benar berbahan plastik, Dari segi mutu pangan dan keamaan memenuhi persyaratan untuk di konsumsi ,”Ujar Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Sumenep, Mohamad Iksan. Jumat 14 Februari 2020.

Dia menambahkan, sampel beras diduga mengandung plastik yang dikirim pada tanggal 20 Januari 2020 lalu untuk diuji laboratorium juga dikategorikan beras premium.”Beras contoh yang telah diuji laboratorium itu termasuk kategori beras premium sesuai Permentan No 31 Tahun 2017. Ini hasil laboratorium yang saya terima tanpa dikurangi dan dilebih-lebihkan,” jelasnya.

Untuk itu, pihaknya memberikan keleluasaan terhadap agen atau e-warung untuk melanjutkan penyalurannya, baik merk beras yang sama atau mengganti dengan merk lain.”Jadi kepada agen yang sudah di tunjuk karena beras sudah jelas tidak mengandubg plastik, silahkan koordinasi pada suplier apakah tetap digunakan atau mengganti kepada yang lain,”Terangnya.

Selanjutnya, pihak Dinsos sendiri akan langsung turun ke Arjasa untuk menyampaikan hasil laboratorium tersebut pada masyarakat. “Kami akan menyampaikan langsung pada masyarakat di Arjasa,”Pungkasnya.(Noe)