Dinkes Bojonegoro Ajak Siswa SDN Tondomulo Kenali Jajanan Sehat

oleh -

BOJONEGORO – Bagi anak-anak usia sekolah dasar, jajanan adalah suatu hal yang menyenangkan, terlebih saat ini dengan bermacam bentuk inovasinya jajanan semakin banyak digemari.

Tanpa disadari banyak hal penting yang harus diketahui dari jajanan tersebut, diantaranya adalah segi kesehatan, pengolahan, maupun tempat penjualannya.

Melalui kegiatan program TMMD 105, Kodim 0813 Bojonegoro bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) melaksanakan sosialisasi tentang jajanan sehat, bertempat di SDN Tondomulo I. Kamis (18/07/2019).

Kegiatan dipandu oleh petugas dari Dinkes Bojonegoro dan tenaga kesehatan dari Puskesmas Kesongo, Kecamatan Kedungadem, Kabupaten Bojonegoro.

Dalam kesempatan tersebut, Supriyo, S. Kep., Ners., menjelaskan tentang banyaknya jajanan yang mengandung bahan-bahan kimia berbahaya, seperti pewarna dan pengawet makanan. 

“Selain itu dalam pengolahan jajanan terkadang tidak memperhatikan faktor kebersihan maupun lokasi penjualan yang beresiko membawa penyakit berbahaya bagi kesehatan anak-anak,” jelasnya.

Dalam momentum ini, lanjut Supriyo, kita memberikan pengetahuan kepada anak-anak agar mereka tidak sembarangan membeli jajanan dan mengetahui jajanan sehat yang boleh di konsumsi.

“Selain itu, anak-anak juga diajarkan cara mencuci tangan untuk menjaga kebersihan, terutama sebelum makan, sehingga mereka bisa terhindar dari bahaya penyakit cacingan,” pungkasnya.