Dinas Perizinan Sampang Belum atur Izin Bagi Usaha Online

oleh -

SAMPANG: Dinas Perizinan Dan Penanaman Modal Kabupaten Sampang mengaku belum mengatur tentang izin usaha online lokal yang ada diwilayah kabupaten Setempat.

Kabid Penyelenggaraan Pelayanan Perizinan Dan Non Perizinan, M. Suaidi Asyikin mengatakan sejauh ini belum ada aturan yang mengikat tentang pendirian izin usaha online lokal baik secara mandiri maupun secara kelompok, sedangkan yang ada yaitu aturan untuk kenyamanan dan keamanan konsumen yang sudah di atur dalam undang-undang Nomor 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen.

“Yang jelas belum ada aturan tentang izin bagi pelaku usaha online lokal” ujarnya.

Menurutnya, dengan perkembangan zaman mimang usaha online lokal makin marak dan menjadi ancaman bagi pelaku usaha tradisional, Dan untuk menyikapi situasi itu tidak harus melarang dan membatasi pelaku usaha online tetapi dengan mengajak masyarakat yang sebelumnya menggunakan cara tradisional untuk kompetitif dalam bersaing di bidang usahanya.

“Kondisi saat ini kita tidak mungkin melarang dan membatasi yang mau buka usaha secara online, misalkan seperti tukang becak yang sebelumnya menunggu di tempat pangkalan bisa menunggu di rumahnya dan ketika jasanya di butuhkan bisa lewat online” jelasnya.

NOE