Diduga Bom Rakitan Meledak di Perkantoran

oleh -
Bom Rakitan yang ditemukan Petugas

SURABAYA-Sebuah bom rakitan yang dikirim melalui jasa pengiriman paket, meledak di Kawasan perkantoran di Jalan Laksda M Nasir Surabaya. Sayang, polisi terlambat melakukan penanganan. Ledakan yang terjadi pada Senin (11/12/2017) malam tersebut justru baru diketahui polisi pada Rabu (13/12/2017) kemarin malam.

“Saya akui penanganannya memang agak terlambat. Korban baru melapor kemarin. Kita sudah periksa korban sebagai saksi dan rekaman CCTV.” ujar Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, AKBP Rony, (14/12/2017).

Meski demikian, polisi terus melakukan pendalaman untuk mengungkap siapa pelaku dan motifnya. Hasil penyelidikan saat ini yang melibatkan tim gegana Polda Jatim, bahwa bom yang dirakit dari baterai 9 volt dengan bahan dasar potasium tersebut tidak mempunyai daya ledak yang besar.

“Dari keterangan tim gegana, yang membuat bom rakitan ini belum profesional. Masih tahap belajar.” jelasnya.

Diceritakannya, bermula dari korban berinisial AW, menerima kiriman paket di kantornya yang tidak tertera nama pengirim pada Senin (11/12) malam.
AW pun coba mengocok paketan tersebut dan membuka.

“Bungkusnya dibuka, dan terlihat kardus HP. Saat dibuka, kardusnya langsung meledak.” lanjutnya. Korban sempatv berlari ketika muncul percikan api. Sehingga ledakannya tidak sampai mengenai dirinya.

Bahkan, seusai kejadian AW justru memunguti puing-puing rakitan bom tersebut dan membawanya pulang. Dan pada Rabu (13/12), malam, AW melaporkan ke Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.