Dewan Jatim Dukung RUU Pesantren

oleh -

SURABAYA – Rancangan Undang-undang (RUU) tentang pesantren menarik perhatian anggota DPRD Jawa Timur, Ahmad Athoillah. Politisi PKB itu menilai RUU Pesantren penting, sehingga harus segera disahkan.

“Sebab dengan disahkannya RUU Pesantren itu, tentu akan berdampak pada pengakuan negara terhadap keberadaan pesantren,” kata Ahoillah, di Surabaya, Senin (23/9/2019).

Menurut Athoillah, pesantren sejauh ini cenderung dilihat sebelah mata. Padahal, kata Athoillah, kontribusi pesantren terhadap negara sangat besar.

“Pesantren salah satu pihak yang berjuang dalam kemerdekaan Indonesia. Peran kiai dan santri terhadap negara sangat besar,” ujarnya.

Provinsi Jatim, kata Athoillah, merupakan daerah dengan jumlah pesantren terbanyak kedua di Indonesia. Pesantren dengan kemandiriannya mampu berdiri dan memberikan manfaat kepada umat. 

Pesantren sebagai lembaga pendidikan, juga bisa menjadi sentra gerakan ekonomi masyarakat sekitar pesantren. “Yang jelas, dengan disahkannya UU Pesantren tentu akan berdampak positif, apalagi jumlah pesantren di Jatim jumlahnya hampir 10 ribu,” kata politisi PKB asal Jombang itu.(Noe)