Delapan Ribu Kotak Suara Pemilu Tiba di KPU Jombang

oleh -

JOMBANG-Alat perlengkapan Pemilu 2019 berupa kotak suara, hari ini tiba di Kantor Pemilihan Umum Jombang, Sabtu (20/10/2018). Diangkut menggunakan truck kontainer, sebanyak delapan ribu kotak suara yang datang dari total keseluruhan 21.475 ribu yang dibutuhkan untuk pelaksanaan Pileg serta Pilpres 2019 di Kabupaben Jombang.

Namun untuk pelaksanaan Pemilu tahun ini agak berbeda. Kotak suara yang sebelumnya menggunakan bahan dari alumunium sekarang berubah wajah menggunakan bahan dari karton.

Kotak suara berukuran panjang 40 sentimeter, lebar 40 sentimeter dan tinggi 60 sentimeter. Pada salah satu sisi terdapat jendela berbahan plastik polyvinyl chloride (PVC) berwarna bening atau transparan.

Hanif Purwanto, Sekretaris KPU Kabupaten Jombang memaparkan, Sementara kotak suara yang datang masih 8 ribu, Jadi masih ada kekurangan 13.475. Rencana datang lagi hari Selasa (30/10/2018).

“Untuk hari ini masih datang 8 ribu kotak, sisanya akan datang hari selasa lusa” ucapnya saat ditemui wartawan di kantor KPUD Jombang.

Ia menambahkan, untuk bahan yang berubah dari sebelumnya menggunakan alumunium ke karton, pihaknya menilai bahan karton sudah diuji dan memiliki kualitas yang kuat dan cukup baik.

“Kotak berbahan karton ini kuat dan sudah teruji kualitasnya untuk dipakai saat pelaksanaan Pileg dan Pilpres mendatang” imbuhnya.

“Karton ini sudah dikemas dengan bungkus plastik, dan tempat penyimpanan juga dipastikan bagus. Jadi ketika hujan tidak ada air yang mengenai kotak suara,” pungkasnya.

Kotak suara berbahan karton ini, sesuai dengan Keputusan KPU RI No 999 tentang kebutuhan dan spesifikasi teknis perlengkapan penyelenggaraan Pemilu. @VIN