Delapan Hektar Sawah di Karang Dangangan Terendam Air

oleh -
Banjir rendam sawah di Dusun Ndoro Desa Karang Dagangan_ (Nurul Hidayat/Kabarjatim)
Banjir rendam sawah di Dusun Ndoro Desa Karang Dagangan_ (Nurul Hidayat/Kabarjatim)

JOMBANG-Delepan hektar sawah terendam banjir di Dusun Doro Desa Karang Dagangan Kecamatan Bandar Kedungmulyo Kabupaten Jombang Jawa Timur. Tingginya curah hujan serta dampak pembangunan Tol Surabaya – Kertosono memperparah kondisi banjir didaerah tersebut.

“Sebelum adanya jalan tol banjir paling dua tiga hari ini surut, namun ini sudah satu minggu lebih,”Ujar Subadi salah satu petani saat ditemui di Dusun Ndoro Desa Karang Dagangan. Selasa 22 Januari 2019.

Ia menambahkan, saat banjir kondisi kedalaman air bisa mencapai hingga dua meter dan menyebabkan tanaman padi yang baru berusia 20 hari terendam banjir. Dan para petani mengalami kerugian.

“Kondisi padi jelas membusuk karena sudah terendam lebih dari satu minggu,”Imbuhnya.

Terpisah, Kepala Dusun Doro Lukman Hakim berharap agar adanya langkah-langkah penanggulangan yang dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Jombang dan Provinsi dalam menanggulangi persoalan banjir.

“Misalnya dengan normalisasi sungai serta peninggian tanggul, sungai padusan yang melintasi wilayah ini, karena kondisi sungai yang dangkal,”Tegasnya.

Terkait kerugian yang dialami oleh petani, lukman menyebutkan pihaknya saat ini tengah berkoordinasi dengan pemerintah desa untuk penyelesaiannya.

“Dulu ada asuransi lahan pertanian melalui gabungan kelompok tani, dengan nilai 800 ribu peratusnya, dan saat ini tengah kita koordinasikan,” pungkasnya.

Editor : Nurul Arifin