Datang ke Festival Ketupatan di Pantai Slopeng Sumenep Yuk…..

oleh -

SUMENEP- Guna memanjakan pecinta wisata yang datang ke Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, pemerintah setempat bakal menggelar Pesta Rakyat dan Festival Ketupatan yang akan digelar di Pantai Slopeng, Sumenep. Rabu besok (12/6/2019)

Pangelaran event tersebut merupakan rentetan dari agenda Visit Sumenep 2019. Sementara pagelaran akan dilaksanakan bersamaan dengan Lebaran Ketupat 2019.

Seperti telah diketahui, Pantai Slopeng merupakan salah satu pantai yang ada di Kabupaten Sumenep keindahannya tidak diragukan lagi. Pantai ini memiliki segurat kecantikan alam yang tersembunyi, sehingga sangat cocok bagi wisatawan yang ingin menghabiskan waktu libur lebaran.

Di Pantai Slopeng ini, ada ciri khas berbeda yang tidak dimiliki oleh pantai wisata lainnya di Kabupaten Sumenep. Yakni pohon siwalan, pohon kelapa yang berjajaran, cemara udang yang rindang dan sejumlah fasilitas lain yang tak kalah dengan pantai wisata nasional.

Dalam pagelaran Pesta Rakyat dan Festival Ketupatan 2019 ini, Pemerintah Kabupaten Sumenep bakal menyuguhkan bermacam kuliner khas Sumenep secara gratis. Otomatis, para pengunjung Pantai Slopeng bisa menyantap sambil lalu menikmati keindahan alam di bibir pantai.

“Jadi nanti modelnya kita akan mengangkat tradisi khas kita (Sumenep, Madura). Sehingga masyarakat yang berkunjung bisa benar-benar menikmati kuliner khas yang disajikan oleh rakyat,” kata Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahrga (Disparbupora) Sumenep, Carto.

Dia mengaku, konsep tersebut akan lebih efisien dari sisi anggaran dan berdampak pada pertumbuhan ekonomi kerakyatan. “Jadi punya anggaran 10 juta pun jadi, kalau harga (rujak, soto, campur) Rp 7 ribuan, kan dapat berapa puluh ribu (porsi), kita berdayakan masyarakat disana,” terangnya.

Nantinya kata dia, setiap pengunjung akan mendapatkan makanan gratis saat berkunjung ke Pantai Slopeng. “Kita berdayakan masyarakat disana, masyarakat penjual soto, rujak, campor untuk diberi uang sama kita untuk digratiskan (pada pengunjung),” tuturnya.

Kendati begitu, event Pesta Rakyat dan Festival Ketupatan ini semula akan digelar di Pantai Lombang Sumenep. Namun setelah dilakukan kajian, penempatan lokasi event tersebut kemudian dipindah ke Pantai Slopeng. Salah satunya karena event serupa pernah dilaksanakan di Pantai Lombang pada tahun 2018 lalu.

“Selain itu Pantai Lombang lokasinya jauh dari permukiman warga, sementara di Slopeng masyarakatnya dekat dan selalu antusias. Dan kami yakin masyarakat yang hadir ke acara kami akan banyak,” tandasnya.