Dari Festival Desa Nusantara 2018 di Bondowoso

oleh -
Mentri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Eko Putro Sandjojo saat di Bondowoso (Eko/Kabarjatim)
Mentri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Eko Putro Sandjojo saat di Bondowoso (Eko/Kabarjatim)

BONDOWOSO-Untuk mengangkat potensi desa dan keunggulan produk di masing-masing desa pada kancah International, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso mengadakan Bondowoso Festival Desa Nusantara 2018. Festival tahunan ini digelar di di Alun-alun Raden Bagus Astra Kironggo Bondowoso Senin (16/7/2018) malam.

Acara tersebut dihadiri oleh Mentri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Eko Putro Sandjojo,Bupati Bondowoso,Sekda Bondowoso,Forpimda dan segenap undangan.

Festival tersebut dibuka langsung oleh Menteri Desa PDTT dengan ditandai pemukulan bedug dan dilanjutkan dengan penyerahan bantuan secara simbolis berupa dana untuk modal Bumdes pada desa yang Bumdesnya bagus juga penandatanganan beberapa kerjasama dengan pihak Bulog dan Bank BRI.

Eko Putro Sanjdojo mengatakan banyak-banyak terimakasih terhadap Bupati Bondowoso dan semua Kepala Desa Se Kabupaten Bondowoso serta semua pihak atas terlaksananya Festival Desa Nusantara 2018 ini.

“Saya berharap Festival ini bisa diadakan setiap tahun,supaya masyarakat tahu potensi dan keunggulan di masing-masing desa. Saya juga pesan kepada semua kepala desa agar betul-betul bekerja keras demi membangun desanya karena anggaran yang sudah digelontorkan melalui Dana Desa semakin tahun akan semakin bertambah ” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Bupati Amin Said Husni sesuai Nawacita Presiden Republik Indonesia,membangun Indonesia dari pinggiran.

“Saya sangat bersyukur Festival ini bisa kita laksanakan di Bondowoso, secara otomatis ini bisa mengangkat nama Bondowoso di mata Nasional bahkan Internasional,Bondowoso Republik Kopi dan The Highland Paradise merupakan daya tarik tersendiri yang bisa kita persembahkan,dan tentunya ini bisa jadi inkam buat desa-desa dan bisa mengangkat ekonomi di desa,” tutur Bupati Amin.

Acara Festival tersebut juga menampilkan tarian khas Bondowoso yaitu tari Ojung dan Singo Ulung,Mentri Eko juga menyempatkan singgah di beberapa Stand Pameran untuk melihat potensi Wisata Desa,Produk unggulan desa dan melakukan rembuk desa.

Event ini tidak hanya diikuti oleh beberapa desa di Kabupaten/Kota seluruh Indonesia. Pemkab Bondowoso juga mengundang 10 perwakilan setingkat desa dari luar negeri untuk memperkenalkan produk unggulan dan potensi yang ada di desanya. @VIN