Daftar Tunggu Haji Kabupaten Sumenep Hingga 2049

oleh -

SUMENEP: Daftar tunggu haji di Kabupaten Sumenep tercatat hingga tahun 2049  mendatang, hal ini disebabkan tingginya minat masyarakat Sumenep, Madura, untuk melakukan ibadah suci ke Makkah-Madinah, Namun terbatasnya kouta haji untuk kabupaten setempat.

Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kemenag Sumenep, Muhamad Rifai Hasyim mengatakan, Kemenag setiap hari menerima tamu pendaftar dari 20 hingga 25 orang. Animo masyarakat, para calon ini mendaftar karena tidak ingin tertunda lagi ke tahun berikutnya.

“Saat ini Kabupaten Sumenep memang selalu mendapatkan penambahan kuota. Tapi dilihat dari antrian yang ada, jamaah yang mendaftar tahun 2020 bisa berangkat setelah antri selama 29 tahun,” katanya, Jumat 14 Februari 2020.

Data calon jamaah haji yang ada di Kemenag Sumenep, pada tahun 2017 ada 3.864 pendaftar, lalu di tahun 2018 mencapai 4.932 orang pendaftar. Sementara untuk tahun 2020, Hasyim meyakini akan terus meningkat mengingat Kabupaten Sumenep kental dengan umat Muslim.

Selain itu, bagi yang sudah terdaftar, jika kemungkinan ada perubahan atau penambahan kuota, maka bisa lebih cepat berangkat. Namun, daftar tunggu akan lebih panjang lagi, jika jumlah pendaftar dari tahun ke tahun lebih banyak.

Apalagi ditambah dengan tingkat kesejahteraan dan perekonomian warga Sumenep yang tentu terus berkembang. “Jadi masyarakat Sumenep saat ini sudah bisa dibilang orang mampu semua. Salah satu tolak ukurnya ya ini, bisa nyetor dan mendaftar haji,” terangnya.

Sementara, disinggung soal kesiapan pemberangkatan haji tahun 2020, Hasyim mengaku sudah melakukan koordinasi dengan berbagai pihak. Termasuk terhadap calon jamaah yang akan berangkat.

“Untuk calon jamaah yang akan berangkat tahun ini ada 652 orang. Mereka ini mendaftar pada tanggal 1 Maret hingga 8 September 2011,” jelasnya.(Noe)