Pemilu  

Cuaca Ekstrem, Pelantikan 30 PPK di Sumenep Dilaksanakan Secara Online

SUMENEP: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumenep, Jawa Timur menjadwalkan pelantikan 137 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) terpilih untuk Pemilu 2024 besok, Rabu, (4/1/2022). Prosesi pengambilan sumpah direncanakan akan digelar di Gedung Bupati Hall Sumenep.

Komisioner KPU Sumenep Rafiqi mengatakan, sesuai jadwal pelabtikan PPK terpilih akan dilakukan besok, Rabu. Itu sesuai dengan sesuai dengan tahapan yang diatur dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) nomor 8 tahun 2022 tentang rekrutmen Badan Adhoc.

“Pelantikan ini serentak seluruh Indonesia tidak hanya di Kabupaten Sumenep saja,” katanya.

Menurutnya, dari 137 orang calon anggota yang akan dilantik, sebanyak 30 orang yang berasal dari wilayah kepulauan akan dilantik secara daring. Sebab mereka tidak bisa hadir karena faktor cuaca ekstrem dan gelombang tinggi.

“Ada 30 calon PPK yang akan dilantik secara daring, semuanya dari kepulauan,” katanya.

30 PPK terpilih itu berasal dari enam kecamatan, diantaranya Kecamatan Arjasa, Kecamatan Kangayan, Pulang Kangean, Kecamatan/Pulau Ra’as, Kecamatan/Pulau Sapeken dan Kecamatan Nunggunung serta Kecamatan Gayam pulau Sapudi.

Baca Juga  Sebanyak 3994 Peserta Berebut Kursi PPS Pemilu di Sumenep

Rafiqi menambahkan, pelantikan secara online bisa dilakukan dengan alasan tertentu untuk mempertimbangkan keselamatan.

“Harapan kami proses pelantikan calon anggota PPK berjalan sesuai harapan, meski ada sebagian yang mengikuti secara daring,” tegas pria yang menjabat sebagai Divisi SDM dan Parmas.

Untuk diketahui, Kabupaten Sumenep terdiri dari 334 Desa/Kelurahan yang tersebar di 27 Kecamatan. Sementara jumlah pulau sebanyak 126 pulau baik yang berpenghuni maupun tidak berpenghuni.