Cegah Virus Corona, Masjid Dan Musholla Desa Tambar Juga Disemprot Desinfektan

oleh -
Pasukan Semprot Desinfektan Desa Tambar
Pasukan Semprot Desinfektan Desa Tambar

JOMBANG-Sejumlah Masjid dan Musholla di Desa Tambar, Kecamatan Jogoroto, Jombang disemprot desinfektan. Aksi ini dilakukan untuk mencegah penyebaran Virus Convid-19 di kawasan tersebut. 

Kepala Desa Tambar Jawahirul Fuad mengatakan, aksi ini dilakukan oleh perangkat desa dengan didampingi aparat Kepolisian dan TNI. “Sasarannya adalah Masjid dan Musholla. Dan sejumlah fasilitas umum,” kata Jawahir, Kamis (26/3/2020).

Penyemprotan ini menggunakan dua unit tangki semprot dan cairan desinfektan. Selain, masjid dan Musholla, petugas juga menyemprot balai desa. Sasarannya, adalah tempat tempat yang berpotensi dipegang orang. 

Selain menyemprot, beberapa perangkat desa juga melakukan edukasi kepada masyarakat terkait virus convid-19. Diantaranya, adalah edukasi untuk gemar mencuci tangan menggunakan sabun atau hand sanitizer. Termasuk, menggunakan masker saat beraktivitas.

“Kami juga menghimbau kepada warga desa untuk mematuhi social distancing. Dan tetap berada di rumah saja untuk tidak bepergian keluar kota. Terutama, ke sejumlah daerah yang dianggap sebagai zona merah pandemik virus ini,” jelasnya.

Menurut Jawahir, yang terpenting adalah memberikan edukasi kepada warga desa terkait virus ini. Jika masyarakat sudah teredukasi, maka secara tidak langsung dapat melakukan proteksi diri terhadap virus ini.

“Salah satunya adalah menyarankan kepada warga untuk berjemur pada pagi hari. Dengan demikian, secara tidak langsung dapat meningkatkan daya imun,” jelas Alumnus Universitas Darul ‘Ulum Jombang. 

Sementara itu data Convid-19 Kabupaten Jombang hingga Rabu (25/3/2020) pukul 14.00 WIB, Orang Dalam Resiko (ODR) 297 Orang, Orang Dalam Pantauan (ODP) 38 orang, Pasien Dalam Pantauan (PDP) 3 orang dan Postlitif Convid-19 masih Nihil.

VIN