Cegah Penyalahgunaan Anggaran, Polres Jombang Tanda Tangani Pakta Integritas

oleh -

JOMBANG-Mencegah terjadinya penyalahgunaan dalam pengelolaan anggaran, Kepolisian Resort (Polres) Jombang menggelar penandatangan fakta integritas dan komitmen moral, pada Rabu (02/01/19) siang.

Penandatangan ini dilakukan di gedung Graha Bhakti Bhayangkara (GBB) yang berada di mapolres Jombang. Penandatanganan tersebut dilakukan di hadapan Kapolres disaksikan oleh Waka Polres Jombang, dan diikuti oleh para PJU (Pejabat Utama), para Kasi, Kapolsek Jajaran, para perwira, bintara dan ASN (Aparatur Sipil Negara) Polres Jombang.

Penandatanganan pakta integritas tersebut merupakan tindak lanjut Kapolres Jimbang, yang telah serah terima Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) tahun 2019, sebesar Rp 121.924.710.000 atau 121 miliar lebih pada (28/12/18) tahun kemarin.

AKBP Fadli Widiyanto, Kapolres Jombang mengatakan, anggaran tersebut harus dikelola dengan penuh tanggung jawab dan harus mencapai sasaran yang telah ditetapkan. Penandatangan ini juga dilakukan untuk membangun komitmen moral seluruh pejabat pelaksana anggaran di Polres.

“Anggaran harus dikelola dengan baik dan penuh tanggung jawab. Agar komitmen pemerintah untuk memberikan kepercayaan kepada kita semakin tinggi” ucapnya.

Pakta integritas, lanjut Kapolres, semacam ikatan moral guna mengingatkan kepada pihak selaku kuasa pengguna serta pelaksana anggaran bahwa jika terjadi penyalahgunaan anggaran akan ada sangsi.

“Ini merupakan pernyataan atau janji kepada diri sendiri tentang komitmen melaksanakan seluruh tugas, fungsi, tanggung jawab, wewenang dan peran sesuai dengan peraturan perundang – undangan dan kesanggupan untuk tidak melakukan korupsi, kolusi dan nepotisme” imbuhnya.

“Jika ada yang menyalahgunakan anggaran maka akan dikenakan sangsi mengembalikan anggaran bahkan sampai sangsi pidana” pungkasnya.

Penandatanganan Pakta integritas sesuai dengan peraturan Men PAN nomor : 49/tahun 2011 tentang pedoman umum pakta integritas di lingkungan kementrian / lembaga dan pemerintah daerah.

Anggaran tersebut seluruhnya digunakan untuk operasional kepolisian. Kapolres berharap predikat WTP (wajar tanpa pengecualian), harus terus ditingkatkan dan dijaga. Sekaligus sebagai lembaga penegakan hukum, pihaknya berkewajiban memberi contoh baik bagi lembaga lainnya. @VIN