Catat, SIM yang habis ditanggal ini dapat Diperpanjang Tanpa Proses baru Selama Pademi

oleh -

JOMBANG: Satuan Lalulintas Polres Jombang dalam rangka percepatan penanganan Covid-19 yang dilakukan pemerintah, memberikan dispensasi kepada para pemohon Surat Ijin Mengemudi (SIM) yang habis masa berlakunya selama pandemic Covid-19.

Kasatlantas Polres Jombag, AKP A. Risky Menjelaskan, Berdasarkan, Surat Telegram (ST) Kapolri Nomor : ST/1537N/V/YAN.1.1/2020 tertanggal 29 Mei 2020 disebutkan Pemohon masa berlaku SIM yang habis masa berlakunya pada 24 Maret 2020 hingga 29 Mei 2020 atau selama pandemic Covid-19, akan diproses dengan mekanisme perpanjangan bukan penerbitan SIM Baru.

“Adanya dispensasi ini merupakan arahan dari pusat untuk menyikapi kondisi darurat yang terjadi saat ini. Sesuai dengan ST tersebut, Pemohon Perpanjangan masa berlaku SIM tidak perlu Kawatir dan panic, ada dispensasi yang diberikan,”Ujarnya saat ditemui diruang kerjanya. Sabtu 30 Mei 2020.

Ia Menambahkan, Pengurusan proses perpanjangan dapat dilakukan usai pandemic covid-19 berakhir, sehingga pemohon tidak berbondong-bondong ke kantor satpas. Serta tetap untuk dirumah guna mencegah dan mengurangi penyebaran covid-19.“Jika memang harus keluar rumah, tetap gunakan masker,”Imbuhnya.

Masih Menurut Risky, untuk pelayanan tetap berjalan seperti biasanya. Hanya saja, pihaknya mulai melakukan pembatasan untuk pendaftaran paling akhir adalah sebelum pukul 12.00 WIB. “Pelayanan tetap berjalan seperti biasa, kalau ada yang ingin melakukan pembuatan SIM atau perpanjangan tetap bisa dilayani, dan tetap menggunakan protocol kesehatan baik pagi pemohon dan petugas pelayanan,”Pungkasnya.

NOE