Bupati Sumenep Perbolehkan Kapal Berlayar, tapi Wajib Ikut Protokol Covid-19

oleh -

Sumenep – Bupati Sumenep Abuya Busyro Karim memperbolehkan angkutan laut untuk tetap melakukan pelayaran ke sejumlah pulau yang ada di Kabupaten Sumenep. Namun walaupun telah diperbolehkan, kapal yang hendak berlayar harus mengikuti protokol pencegahan covid-19.

Kebijakan tersebut diambil mengingat Kabupaten Sumenep merupakan kabupaten dengan kepulauan yang cukup banyak untuk wilayah Jawa Timur. Apabila pelarangan pelayaran dilakukan, maka transportasi laut akan mati total. Selain itu, warga juga akan terancam tidak bisa pulang kampung.

Dari hasil koordinasi dengan KSOP dan KKP Pelabuhan Kalianget, dengan mengingat surat dari pemerintah pusat sesuai PM No. 25 Tahun 2020 tentang larangan angkutan penumpang untuk seluruh moda transportasi. Terkecuali untuk angkutan medis, logistik dan angkutan tertentu.

Dari koordinasi itu, dilakukan berbagai pertimbangan. Mengingat Kabupaten Sumenep merupakan kabupaten yang memiliki kepulauan terbanyak di wilayah Jawa Timur. Diambillah keputusan untuk memperbolehkan pelayaran antar pulau dalam kabupaten.

Diperbolehkannya pelayaran tersebut tertuang dalam Surat Edaran (SE) yang ditandatangani oleh Bupati Sumenep Abuya Busyro Karim dengan nomer SE 550/349/435.106.3/2020. Dalam surat edaran tersebut juga dijelaskan bahwa syarat kapal berlayar adalah dengan tetap mengikuti protokol pencegahan dan penanganan covid-19.

“Sebelum kapal berlayar, harus di sterilisasi, penumpang harus pakai masker serta menjaga jarak dari penumpang lainnya,” jelas Bupati Abuya Busyro Karim dalam SE tersebut, sebagaimana media ini lansir Sabtu, 9 Mei 2020.

Dalam SE tersebut juga dipertegas, kapal yang hendak akan melakukan pelayaran agar tidak memuat penumpang seperti biasanya. Bupati meminta agar penumpang kapal harus di angka separuh dari kapasitas penumpang.

“Kepada pihak kru kapal untuk membatasi kapasitas penumpang dari jumlah biasa, untuk membawa 50 % dari jumlah penumpang yang ada. Sehingga di dalam kapal para penumpang bisa menjaga jarak,” tandasnya.

VIN